Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Memperbaiki Acian Yang Bergelombang






Bagaimana cara memperbaiki acian yang bergelombang? Cobalah perhatikan sejenak kondisi permukaan dinding di rumah Anda. Adakah salah satu serpihan dari permukaan dinding tersebut yang tidak rata alias bergelombang? Salah satu penyebab tidak ratanya permukaan bidang dinding ialah proses pengacian yang kurang rapi.

Lantas bagaimana sih caranya mengatasi dinding bergelombang yang disebabkan oleh proses pengacian yang kurang rapi? Pada prinsipnya, Anda perlu mengelupas lapisan cat dan acian terlebih dahulu kemudian lakukan pengacian sekali lagi. Cuma kali ini harus menggunakan semen yang kualitasnya lebih cantik serta tukang yang memang benar-benar mahir dalam urusan ini. Namun apabila Anda tertarik untuk mengerjakannya sendiri, tidak ada salahnya kok mencar ilmu dan mencobanya.

Biar lebih mudah, ikuti panduan perbaikan acian dinding yang bergelombang di bawah ini! 

1. Kupas Lapisan Cat di Dinding
Mulailah dengan mengelupas lapisan cat yang telah menghiasi permukaan dinding. Anda sanggup menggunakan kape untuk melepaskan lapisan cat tersebut. Kerjakan proses ini hingga seluruh lapisan cat menghilang dan lapisan acian pun terlihat. Proses ini membutuhkan ketekunan Anda biar akhirnya rapi. 

2. Bersihkan Permukaan Dinding
Permukaan dinding perlu dibersihkan terlebih dahulu supaya sisa-sisa lapisan cat menghilang tepat dari bidang tersebut. Jangan lupa untuk membersihkan juga abu dan kotoran yang melekat di permukaan dinding. Jika dibiarkan, adanya abu dan kotoran ini sanggup mengurangi daya rekat yang dimiliki oleh adukan acian. Alhasil, penerapan lapisan acian yang gres pun tidak ada gunanya lantaran gampang rontok.

3. Basahi Dinding Memakai Air
Tujuan utama langkah ketiga ini ialah mencegah terjadinya keretakan rambut pada permukaan dinding, khususnya ketika dilakukan pengacian ulang. Kondisi berair pada dinding tersebut sanggup membantu jalannya proses pengeringan pada lapisan acian gres secara normal. Sehingga akhirnya pun memuaskan. Sebaliknya, proses pengeringan lapisan acian yang terjadi secara tiba-tiba, mendadak, dan terlalu cepat akan mengakibatkan timbulnya keretakan rambut ketika sudah kering. 

4. Pengacian Ulang Dinding
Ada banyak materi yang sanggup digunakan untuk mengaci dinding. Anda sanggup mengandalkan semen yang dicampur zat aditif untuk membuat karakteristik tertentu. Anda pun sanggup menggunakan semen instan atau mortar untuk mendapat hasil yang lebih baik. Lakukan proses pengacian hingga tercipta permukaan dinding yang rata. Disarankan menggunakan roskam yang terbuat dari logam lantaran memiliki bentuk yang presisi.

5. Penerapan Plamir di Dinding
Plamir biasa digunakan sebagai cat dasar. Lapisan ini nantinya berada di antara acian dan cat dinding. Anda sanggup membeli produk plamir khusus yang sekarang sudah banyak dijual di toko bangunan terdekat. Sebagai alternatif lain, Anda juga sanggup membuat plamir sendiri dengan mencampurkan milk (sejenis kalsium) dan lem bangunan. Plamir alternatif ini sanggup digunakan jikalau Anda kesulitan untuk menemukan produk plamir khusus. 

6, Pengecatan Dinding Kembali
Setelah semua pekerjaan di atas simpulan dilakukan artinya Anda telah berhasil memperbaiki permukaan dinding yang bergelombang. Hanya saja masih ada satu langkah lagi yang perlu dikerjakan untuk mengembalikan pesona keindahan dari dinding tersebut. Apalagi kalau bukan mengecat dinding kembali dengan warna yang sesuai keinginan. Gunakan produk cat dinding yang sesuai untuk kebutuhan Anda, apakah untuk interior atau eksterior.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Memperbaiki Acian Yang Bergelombang"