Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

  Apakah penyebab tembok mengalami retak  rambut Penyebab dan Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Apakah penyebab tembok mengalami retak rambut? Bagaimana pula cara mengatasinya yang tepat? Sebagai pemilik rumah, Anda harus bersabar terhadap segala kemungkinan yang sanggup menimpa daerah tinggal Anda. Tidak selamanya rumah Anda tersebut selalu dalam keadaan yang bagus. Ada beberapa duduk kasus yang sanggup menimpa rumah, khususnya penggalan temboknya. Contohnya yaitu tembok yang mengalami keretakan yang ukurannya kecil sekali. Masalah ini biasanya dinamakan sebagai retak rambut.

Pada dasarnya, masalah tembok yang mengalami retak rambut tidak terlalu berat. Retak rambut hanya terjadi di penggalan permukaan saja. Lapisan acian atau plesteran dari tembok tersebut mengalami keretakan akhir proses pembuatannya tidak benar. Terdapat kesalahan yang dilakukan oleh pekerja pada ketika mengaci atau memplester tembok. Misalnya pembuatan adukan yang kurang tepat, pelaksanaan yang salah ketika mengaplikasikan adukan ke tembok, atau penggunaan materi baku yang berkualitas rendah.

Setidaknya ada 4 faktor utama yang mengakibatkan tembok mengalami retak rambut, antara lain :
  1. Penggunaan materi baku untuk menciptakan adukan plesteran atau acian memiliki kualitas yang rendah. Akibatnya dinding yang dihasilkan gampang mengalami keretakan.
  2. Kondisi tembok belum kering dengan tepat ketika dilakukan proses pengecatan. Sehingga kandungan air yang masih terkandung di lapisan acian terhalangi cat.
  3. Pengerjaan pengacian tembok terlalu cepat dan tidak menunggu supaya lapisan plesteran benar-benar kering. Hal ini menjadikan acian tidak melekat sempurna.
  4. Pembuatan adukan plesteran dilaksanakan dengan komposisi material yang asal-asalan. Hasilnya lapisan plesteran tidak melekat dengan baik.
Pelaksanaan pembuatan lapisan plesteran dan pengacian tembok harus dilaksanakan sebaik mungkin guna menghindari kemungkinan terjadinya masalah-masalah yang sanggup menimpa tembok tersebut. Anda harus melaksanakan kedua pekerjaan ini sesuai dengan petunjuk yang pernah kami uraikan sebelumnya. Jangan pernah asal-asalan, seenak hati, atau terburu-buru dalam menuntaskan pekerjaan alasannya yaitu karenanya niscaya tidak akan maksimal.

Jika tembok di rumah Anda sudah terlanjur mengalami retak tembok, Anda sanggup mengatasinya menggunakan langkah-langkah di bawah ini!
  1. Gosok permukaan tembok menggunakan ampelas bernafsu sampai lapisan aciannya sanggup terlihat jelas.
  2. Kikislah lapisan acian tepat di mana retak rambut ini terlihat. Anda sanggup menggunakan kape atau sikat besi.
  3. Bersihkan permukaan plesteran menggunakan kain lap lembap untuk menghilangkan kotoran sekaligus melembabkannya.
  4. Gunakan wall filler, semen khusus atau semen nat untuk menutup penggalan plesteran tembok yang retak.
  5. Pastikan tembok sudah tertutup dengan sempurna. Kemudian tunggu selama 24 jam supaya tembok mengering.
  6. Apabila permukaan tembok bekas tambalan tidak rata, Anda sanggup mengampelasnya terlebih dahulu.
  7. Aplikasikan cat dasar ke permukaan tembok secara merata dan tipis saja. Lalu biarkan kering minimal selama 10 jam.
  8. Kuaskan cat dinding ke permukaan tembok sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Terapkan sebanyak 2 kali lapisan cat.

Post a Comment for "Penyebab Dan Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut"