Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Cara Epoxy Lantai yang Benar dan Hasilnya Bagus

 

Cara Epoxy Lantai yang Benar dan Hasilnya Bagus

Jika Anda ingin belajar cara mengaplikasikan cat epoxy lantai dengan sempurna layaknya seorang Aplikator Epoxy Lantai profesional, artikel ini akan memandu Anda secara jelas dan mudah. Saran cara pengaplikasian ini dibangun dari pengalaman aplikator epoxy lantai langsung yang telah mengerjakan ratusan proyek epoxy lantai di berbagai industri. Kami sajikan dalam 6 langkah praktis, menggunakan cat jenis epoxy self levelling yang terdiri dari 2 komponen (base epoxy dan hardener). Dalam pengaplikasian, Anda akan perlu menyiapkan alat sederhana, seperti roller.


Aplikator Epoxy Lantai
Kami tidak memberikan jaminan Anda dapat mengaplikasikan seperti layaknya aplikator epoxy lantai profesional. Tapi setidaknya Anda dapat mengetahui kiat yang dilakukan oleh aplikator profesional dalam menyelesaikan proyek pengerjaan epoxy lantai dengan sebaik mungkin, dan memperhatikan hal-hal yang tidak dianjurkan dilakukan.
Kami menyarankan agar Anda menggunakan jasa aplikator epoxy lantai profesional untuk setiap proyek besar Anda, untuk jaminan pekerjaan yang terselesaikan tepat waktu dan biaya yang dapat diperkirakan.

Langkah 1: Persiapkan permukaan
Aplikator Epoxy Lantai profesional menjalankan prosedur persiapan substrat, ini diperlukan untuk memastikan adhesi antara cat epoxy lantai dan substrat. Metode yang cocok adalah pengamplasan atau grinding. Permukaan yang terkontaminasi dengan minyak mungkin juga membutuhkan pembersihan kimia.

Langkah 2: Membersihkan lantai dari debu
Gunakan vakum industri untuk membersihkan lantai dari debu. Lantai harus dibersihkan dari semua debu dan residu sebelum mulai pelapisan cat primer. Jika tidak, Anda akan memiliki berbagai partikel terperangkap di dalam coating dan adhesi akan melemah secara signifikan. Semakin sedikit debu mikro di permukaan, semakin sedikit pula cat primer yang Anda butuhkan.

[hr]
Langkah 3: Melapis lantai dengan cat primer
Selalu pastikan untuk melapis primer lantai, jangan percaya klaim bahwa melapis primer tidak diperlukan. Melapis primer akan membuat lantai Anda memiliki daya tahan lebih dan berumur lebih panjang serta memiliki adhesi yang lebih baik ke substrat. Cat primer akan melapis substrat dan menghilangkan risiko gelembung dan gas. Melapis primer juga membantu mengurangi jumlah cat yang akan dibutuhkan di tahap selanjutnya. Pastikan bahwa area tersebut berventilasi


Langkah 4: Mengaplikasi lapisan pertama cat epoxy
Lakukan pencampuran 2 komponen epoxy, yakni resin epoxy dan hardener (pengeras). Gunakan mixer listrik dan aduk rata setidaknya selama dua menit. Jangan berhemat pada pencampuran! Langkah ini sangat penting. Pencampuran yang buruk akan mengarah ke lantai yang norak !

Langkah 5: Terapkan cat epoxy dengan roller
Gunakan roller yang berkualitas baik, karena roller berkualitas buruk dapat mudah terlepas. Anda harus dapat melapisi kembali setelah 24 jam. Keesokan harinya Anda mungkin memperhatikan berbagai masalah yang muncul seperti retakan, lubang, dll. Pastikan untuk menambalnya sebelum memulai lapisan berikutnya. Anda mungkin juga perlu mengamplas beberapa permukaan yang tidak rata yang muncul setelah lapisan pertama. Jika perlu, tunggu hingga benar-benar kering sebelum dilapisi kembali.
 
Langkah 6: Terapkan lapisan akhir
Sebelum memasang lapisan akhir, pastikan semua lubang dan retakan telah terisi, dan tidak ada debu. Jika tidak, Anda akan mendapatkan tekstur jelek di permukaan akhir. Ingatlah bahwa sebagian besar cat epoxy memiliki masa pakai atau pot life sekitar 40 menit (atau bisa kurang), maka disarankan untuk mencampurkan satu ember sekaligus dalam sekali pengaplikasian.

Post a Comment for "Cara Epoxy Lantai yang Benar dan Hasilnya Bagus"

SAFELINK