Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download 13 Desain Rumah Berbagai Tipe File DWG AutoCad Terlengkap

Download Desain Rumah Berbagai Tipe File DWG AutoCad Terlengkap


Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu.

Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Jenis-jenis rumah yang dikenal secara umum

Rumah Tunggal

Rumah secara umum dapat diartikan sebagai tempat untuk berlindung atau bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya ( Hujan, Matahari, dll ) Serta merupakan tempat beristirahat setelah bertugas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. 

Dikarenakan harga tanah yang semakin mahal membuat jenis hunian ini menjelma menjadi rumah gandeng atau rumah deret yang dindingnya berdempetan.


Town House

Jenis hunian berikutnya adalah Town House.  Townhouse adalah kompleks hunian yang berada di tengah kota, terdiri dari hanya beberapa hunian saja dengan bentuk yang serupa. Townhouse banyak diminati, khususnya oleh para kaum ekspatriat, karena tipenya yang lebih eksklusif. Sistem keamanan di townhouse adalah one gate system atau sistem keamanan satu akses.

Namun seiring berjalannya waktu terkadang si pemilik rumah mendesain ulang setelah membeli rumah tersebut sesuai dengan keinginan.

Komplek ini memiliki fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penghuni komplek.


Cluster

Cluster pada dasarnya adalah sekumpulan rumah yang dibangun biasanya di satu wilayah pinggir kota dengan suasana yang masih sunyi namun asri. Tipe rumah cluster umumnya dibangun dengan bentuk yang serupa tanpa pagar, hanya dibatasi tembok beton antar rumah.

Setiap subkompleks terdapat berbagai macam rumah dengan tipe yang sama dan dilengkapi fasilitas umum yang khusus digunakan oleh para penghuninya.

Namun, hunian Cluster juga memiliki fasilitas umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni cluster.


Rumah Tinggal (Detached)

Rumah yang biasanya digunakan untuk tempat istirahat dengan fasilitas tertentu sesuai penghuninya.

Orang-orang yang berkemampuan secara finansial tak jarang mereka membeli rumah diberbagai daerah atau tempat sebagai tempat untuk beristirahat sejenak.

Rumah tersebut misalnya mension, cottage,villa atau bungalow.


Rumah Kopel

Jenis hunian ini merupakan rumah tinggal pribadi akan tetapi antar rumah disebelahnya dipisah dengan satu dinding serta memiliki penampakan yang sama dengan rumah sebelahnya. walaupun begitu rumah-rumah tersebut dihuni oleh orang yang berbeda.

Hunian tipe ini biasanya merupakan peninggalan Belanda yang memiliki desain khas kolonial jaman dulu. Hunian ini terdapat di daerah Jawa Barat khusunya Bandung dan Garut.


Apartemen

Apartemen merupakan blok bangunan yang tersusun secara vertikal dan teridiri dari beberapa ruangan. Hunian ini pada umunya dibangun di tengah perkotaan karena dekat dengan pusat kegiatan.

Selain itu menyesuaikan dengan orang yang berkecukupan lebih agar sesuai dengan gaya hidup masa modern. faktor lainnya adalah lahan yang terbatas dipusat kota menjadikan apartemen salah satu hunian pilihan.

Terdapat fasilitas dan sarana umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni apartemen seperti tempat belanja, arena bermain, tempat olah raga dan lain-lain.


Rumah susun

Rusun atau rumah susun menjadi salah satu solusi untuk membangun hunian dilahan yang terbatas. umunya terddpat didaerah perkotaan.

Tidak seperti apartemen, rusun dibangun dengan fasilitas sederhana karena termasuk dalam program rumah murah.



Rumah Toko (Ruko)

Merupakan sebuah rumah yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat usaha. Bangunan ini memiliki minimal dua lantai.

Lantai bawah biasnaya digunakan sebagai tempat usaha dan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal.


Rumah Kantor

Sama seperti ruko, rumah kantor juga digunakan sebagai tempat tinggal dan aktivitas kantor. biasanya rumah kantor dijadikan tempat tinggal para staff kantor bukan sang pemilik kantor.


Indekos (Kosan)

Indekos menjadi salah satu alternatif bagi pendatang dari luar kota sebagai tempat tinggal sementara.

Indekos berada didalam bagian rumah inti pemilik kos atau dibuat terpisah sebagai bangunan terpisah yang terdiri dari kamar-kamar.

Fasilitas yang berada biasanya sudah disediakan oleh pemilik kos mulai dari listrik, tempat tidur, kamar mandi, kasur, kursi, dapur dan lain-lain.


Kontrakan

Hampir sama dengan indekos, akan tetapi kontrakan biasanya bersifat lebih privat dan disewakan dalam bentuk satu unit rumah beserta fasilitas didalamnya.

Jika terjaid kerusakan maka sipengontrak wajib bertanggung jawab untuk membetulkannya.


Berikut ini adalah beberapa desain rumah tempat tinggal dalam format dwg atau file AutoCad sehingga teman-teman bisa dengan mudah memodifikasi atau semacamnya.

Selain itu file tersebut juga menjadi bahan pembelajaran dan referensi.


Kumpulan Desain Rumah Berbagai Tipe File DWG AutoCad Terlengkap – Download

Password : beritakonstruksi.com

Post a Comment for "Download 13 Desain Rumah Berbagai Tipe File DWG AutoCad Terlengkap"