Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Fungsi dan Manfaat Geobag sebagai penahan erosi pantai


Perubahan iklim yang ekstrem ditambah dengan adanya pemanasan global yang terjadi membuat lingkungan dibumi menjadi tidak stabil. Terutama terjadinya pencairan es di kutub yang menyebabkan adanya Pasang surut air laut, dan juga tiupan angin laut yang terjadi dapat menghasilkan gelombang serta arus laut yang kuat. Fenomena yang terjadi secara alami ini dapat menyebabkan abrasi (erosi pantai) yang apabila terjadi terus menerus akan menyebabkan beberapa dampak terhadap kehidupan. Saat ini, bahan proteksi abrasi sangat dibutuhkan untuk pencegahan atau penanganan abrasi. Banyak sekali yang menggunakan Geobag sebagai tanggul untuk penahan ombak/proteksi abrasi. Materialnya yang efisien, praktis dan ramah lingkungan menjadi alasan penggunaan Geobag banyak peminatnya.


Menanggulangi Abrasi Pantai menggunakan Geobag?

Geobag adalah material yang biasanya digunakan untuk mengatasi abrasi bisa juga digunakan sebagai pemecah gelombang air laut. Material ini berupa bahan geotextile non woven yang di buat menjadi kantung yang di jahit dan diisi pasir pada bagian dalamnya. 

Geobag termasuk jenis dari geotextile containment dengan volume yang kecil. Geobag adalah system konstruksi kantong/bag yang terbuat dari geotekstil yang dipadukan dengan material pasir setempat, sehingga akan terbentuk suatu bantalan-bantalan yang digunakan sebagai pengganti struktur bangunan konvensional untuk proteksi area dan garis pantai.

Geotextile containment (Koerner, 2005) adalah suatu konstruksi yang memadukan antara material sintetik (geotekstil) dan material alam (pasir atau Lumpur), yang berfungsi sebagai dinding penahan tanah dan pencegah abrasi.





Fungsi Dan Manfaat Geobag

Dengan adanya geobag di sekitar pantai tentu mempunyai manfaat dan fungsi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi geobag yang harus kita ketahui!

1. Pemecahan Gelombang Pantai

Fungsi geobag yang pertama adalah sebagai pemecahan gelombang air laut di pantai. Arus pantai seringkali menghantam dinding-dinding bahkan bisa melebihi pembatasan yang tidak diduga secara berlebihan. Dengan menempatkan geobag di tepi pantai akan menghalang arus ombak yang melaju ke tebing pantai.

2. Pelindung Abrasi Pantai

Abrasi merupakan salah satu pengikisan yang disebabkan oleh gelombang pantai yang bersifat merusak. Dalam hal lain, abrasi sering disebut juga sebagai erosi pantai, dimana terdapat kerusakan garis pantai yang diakibatkan oleh ketidak seimbangan gelombang air laut.

3. Tanggul Penahan Material Timbunan

Geobag berfungsi juga sebagai tanggul penahan material timbunan. Apabila ada arus yang datang akan tertahan oleh geobag yang sudah dibuat. Pastikan tanggul geobag yang dibuat disusun secara rapi supaya tetap kokoh meski diterjang ombak sebesar apapun. Dengan begitu, ombak yang terjadi tidak akan terhalang oleh tanggul penahan material timbunan.

4. Konstruksi Lahan Basah

Geobag sangatlah penting untuk diterapkan di tepi pantai guna mencegah terjadinya ombak besar yang masuk ke dataran tinggi. Geobag sangat cocok diterapkan pada lahan basah seperti rawa, bergambut, dan lain sebagainya. Dengan pemasangat geobag di tepi pantai pastinya akan sangat cocok untuk anda terapkan.


Beberapa keuntungan menggunakan Geobag dan Geotube sebagai berikut :

  • Pelindung sempurna untuk perlindungan erosi.
  • Serbaguna dan kuat dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan
  • Dapat diisi dengan material setempat
  • Efisien dan Efektif untuk meredam gelombang laut
  • Hemat biaya dan mudah dipasang


Kelebihan Geobag

  • Dibuat dengan dimensi/ukuran sesuai kebutuhan
  • Praktis dan ramah lingkungan
  • Dapat diisi dengan material setempat,yaitu pasir
  • Pemasangan mudah dan dapat menyesuaikan bentuk permukaan yang akan dilindungi sementara
  • Harganya Terjangkau

 

Kekurangan Geobag

  • Jika pemasangannya kurang tepat mungkin geobag ini akan rentan dengan terjangan ombak. 
  • Selalu pastikan Geobag berada di posisi dan denga pemasangan yang tepat.


Post a Comment for "Fungsi dan Manfaat Geobag sebagai penahan erosi pantai"

SAFELINK