Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Kelebihan dan Kekurangan Pemancangan Tiang Kayu



Beberapa Kelebihan penggunaan tiang pancang kayu, sebagai berikut :

  1. Tiang pancang dari kayu relatif lebih ringan sehingga mudah dalam pengangkutan dan pemasangannya.
  2. Kekuatan tarik besar sehingga pada waktu pengangkatan untuk pemancangan tidak menimbulkan kesulitan seperti misalnya pada tiang pancang beton precast.
  3. Sangat mudah untuk proses pemotongannya apabila tiang kayu ini sudah tidak dapat masuk lagi ke dalam tanah saat proses pemancangan.
  4. Tiang pancang kayu ini lebih baik untuk friction pile dari pada untuk end bearing pile sebab tegangan tekanannya relatif kecil.
  5. Karena tiang kayu ini relatif flexible terhadap arah horizontal dibandingkan dengan tiang-tiang pancang selain dari kayu, maka apabila tiang ini menerima beban horizontal yang tidak tetap, tiang pancang kayu ini akan melentur dan segera kembali ke posisi setelah beban horizontal tersebut hilang. Hal seperti ini sering terjadi pada dermaga dimana terdapat tekanan kesamping dari kapal dan perahu.


Beberapa kekurangan pemakaian tiang pancang kayu:

  1. Karena tiang pancang ini harus selalu terletak di bawah muka air tanah yang terendah agar dapat tahan lama, maka kalau air tanah yang terendah Tiang pancang yang di buat dari kayu mempunyai umur yang relatif kecil di bandingkan dengan tiang pancang yang di buat dari baja atau beton terutama pada daerah yang muka air tanahnya sering naik dan turun.
  2. Pada waktu pemancangan pada tanah yang berbatu (gravel) ujung tiang pancang kayu dapat berbentuk berupa sapu atau dapat pula ujung tiang tersebut hancur. Apabila tiang kayu tersebut kurang lurus, maka pada waktu dipancangkan akan menyebabkan penyimpangan terhadap arah yang telah ditentukan.
  3. Tiang pancang kayu tidak tahan terhadap benda-benda yang agresif dan jamur yang menyebabkan kebusukan. 

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Pemancangan Tiang Kayu"

SAFELINK