Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiang Pancang Beton

Tiang pancang dengan jenis ini adalah salah satu tiang pancang yang cukup banyak dan sering digunakan. Tiang pancang beton mempunyai bahan dasar utama dari beton yang di cor pada sebuah tempat. Umumnya tiang ini juga umumnya dibuat langsung dari sebuah pabrik dan bisa langsung digunakan dan dipasang dengan mudah. Tiang pancang jenis ini umumnya mempunyai berbagai macam bentuk seperti silinder, kotak ataupun persegi panjang.



Tiang Pancang Beton

1. Precast Reinforced Concrete Pile

Precast renforced concrete pile adalah tiang pancang dari beton bertulang yang dicetak dan dicor dalam acuan beton (bekisting), kemudian setelah cukup kuat lalu diangkat dan dipancangkan. Karena tegangan tarik beton adalah kecil dan praktis dianggap sama dengan nol, sedangkan berat sendiri dari pada beton adalah besar, maka tiang pancang beton ini wajib diberi penulangan-penulangan yang cukup kuat untuk menahan momen lentur yang akan timbul pada waktu pengangkatan dan pemancangan. Karena berat sendiri adalah besar, biasanya pancang beton ini dicetak dan dicor di tempat pekerjaan, jadi tidak membawa kesulitan untuk transport.

Tiang pancang ini dapat memikul beban yang besar (>50 ton untuk setiap tiang), hal ini tergantung dari dimensinya. Dalam perencanaan tiang pancang beton precast ini panjang dari pada tiang harus dihitung dengan teliti, sebab kalau ternyata panjang dari pada tiang ini kurang terpaksa harus dilakukan penyambungan, hal ini adalah sulit dan banyak memakan waktu.

Reinforced Concrete Pile penampangnya dapat berupa lingkaran, segi empat, segi delapan.

Gambar  Tiang pancang beton precast concrete pile (Bowles, 1991)


Keuntungan pemakaian Precast Concrete Reinforced Pile:

  • Precast Concrete Reinforced Pile ini mempunyai tegangan tekan yang besar, hal ini tergantung dari mutu beton yang di gunakan.
  • Tiang pancang ini dapat di hitung baik sebagai end bearing pile maupun friction pile.
  • Karena tiang pancang beton ini tidak berpengaruh oleh tinggi muka air tanah seperti tiang pancang kayu, maka disini tidak memerlukan galian tanah yang banyak untuk poernya.
  • Tiang pancang beton dapat tahan lama sekali, serta tahan terhadap pengaruh air maupun bahan-bahan yang corrosive asal beton dekkingnya cukup tebal untuk melindungi tulangannya.

Kerugian pemakaian Precast Concrete Reinforced Pile :

  • Karena berat sendirinya maka transportnya akan mahal, oleh karena itu Precast reinforced concrete pile ini di buat di lokasi pekerjaan.
  • Tiang pancang ini di pancangkan setelah cukup keras, hal ini berarti memerlukan waktu yang lama untuk menunggu sampai tiang beton ini dapat dipergunakan.
  • Bila memerlukan pemotongan maka dalam pelaksanaannya akan lebih sulit dan memerlukan waktu yang lama.
  • Bila panjang tiang pancang kurang, karena panjang dari tiang pancang ini tergantung dari pada alat pancang ( pile driving ) yang tersedia maka untuk melakukan panyambungan adalah sukar dan memerlukan alat penyambung khusus.


2.    Precast Prestressed Concrete Pile
Precast Prestressed Concrete Pile adalah tiang pancang dari beton prategang yang menggunakan baja penguat dan kabel kawat sebagai gaya prategangnya.

Gambar Tiang pancang Precast Prestressed Concrete Pile ( Bowles, 1991 )


Keuntungan pemakaian Precast prestressed concrete pile:
  • Kapasitas beban pondasi yang dipikulnya tinggi.
  • Tiang pancang tahan terhadap karat.
  • Kemungkinan terjadinya pemancangan keras dapat terjadi.

Kerugian pemakaian Precast prestressed concrete pile:
  • Pondasi tiang pancang sukar untuk ditangani.
  • Biaya permulaan dari pembuatannya tinggi.
  • Pergeseran cukup banyak sehingga prategang sukar untuk disambung.



3.    Cast in Place Pile
Pondasi tiang pancang tipe ini adalah pondasi yang di cetak di tempat dengan jalan dibuatkan lubang terlebih dahulu dalam tanah dengan cara mengebor tanah seperti pada pengeboran tanah pada waktu penyelidikan tanah. Pada Cast in Place ini dapat dilaksanakan dua cara:
  • Dengan pipa baja yang dipancangkan ke dalam tanah, kemudian diisi dengan beton dan ditumbuk sambil pipa tersebut ditarik keatas.
  • Dengan pipa baja yang di pancangkan ke dalam tanah, kemudian diisi dengan beton, sedangkan pipa tersebut tetap tinggal di dalam tanah.

Keuntungan pemakaian Cast in Place :
  • Pembuatan tiang tidak menghambat pekerjan.
  • Tiang ini tidak perlu diangkat, jadi tidak ada resiko rusak dalam transport.
  • Panjang tiang dapat disesuaikan dengan keadaan dilapangan.

Kerugian pemakaian Cast in Place :
  • Pada saat penggalian lubang, membuat keadaan sekelilingnya menjadi kotor akibat tanah yang diangkut dari hasil pengeboran tanah tersebut.
  • Pelaksanaannya memerlukan peralatan yang khusus.
  • Beton yang dikerjakan secara Cast in Place tidak dapat dikontrol.

pemancangan tiang pancang, tiang pancang baja, pancang laut, tiang pancang mini pile, spun pile wika beton, spunpile, perusahaan pancang, tiang pancang square pile, tiang pancang dan bore pile, harga tiang pancang mini pile 25x25, tiang pancang adalah, harga tiang pancang spun pile, tiang pancang spun pile, perusahaan tiang pancang, bore pile dan tiang pancang, bor pile tiang pancang, tiang pancang bore pile, perbedaan tiang pancang dan bore pile, pancang mini pile, harga pemancangan tiang pancang, tiang pancang kayu, pancang hidrolik, harga tiang pancang 40x40 2020, ukuran tiang pancang, perbedaan bore pile dan tiang pancang, tiang pancang beton pracetak, tiang pancang hidrolik, tiang pancang, harga pancang 40x40, harga tiang pancang baja 2021, harga tiang pancang, besi pancang, pancang beton, harga tiang pancang wika 2020, harga mini pile 30 x 30, perbedaan bore pile dengan tiang pancang, harga mini pile 20x20, harga tiang pancang mini pile 20x20, harga mini pile 25x25, harga tiang pancang wika beton, tiang pancang 25x25, harga mini pile, harga mini pile 40x40, pancang tiang, harga tiang pancang beton wika, harga pancang, kedalaman tiang pancang, harga tiang pancang 20x20, harga pancang 20x20, tiang pancang rumah, ukuran tiang pancang beton, harga tiang pancang beton, harga tiang pancang 35x35, harga pancang beton, harga tiang pancang 30 x 30, harga tiang pancang 40x40, tiang pancang beton segi empat, tiang pancang beton, harga pancang 25x25, daftar harga tiang pancang beton wika, harga pancang 30x30, harga tiang pancang per meter, tiang pancang 40x40, tiang pancang 20x20, harga pemancangan spun pile, harga spun pile, harga tiang pancang 30x30, harga tiang pancang 2021, harga tiang pancang beton 20x20, beton pancang, harga tiang pancang bulat, tiang pancang wika beton, pemasangan tiang pancang, harga tiang pancang segitiga, mutu beton tiang pancang, harga tiang pancang 25x25 per meter, harga paku bumi per batang, harga tiang pancang 25x25, harga tiang pancang 40x40 2021, harga tiang pancang beton 25x25, harga tiang pancang 50x50, beton tiang pancang, tiang pancang paku bumi, harga paku bumi beton, tiang pancang kotak, harga tiang pancang beton 40x40, harga tiang pancang baja,

Post a Comment for "Tiang Pancang Beton"