Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Keramik

Lingkup Pekerjaan
  1. Pekerjaan ini meliputi pengadaan bahan-bahan, peralatan dan semua pekerja yang berhubungan dengan pekerjaan penyelesaian lantai dan penutup dinding sesuai dengan gambar kerja dan Dokumen Pengadaan.
  2. Kontraktor harus memberikan contoh-contoh bahan lantai dan penutup dinding yang akan dipasang, khususnya untuk diseleksi kualitas, warna, tekstur bahan untuk mendapat persetujuan dari Pengawas lapangan.
  3. Pekerjaan ini dilakukan ke seluruh ruangan, serta seluruh detail yang disebutkan dalam gambar sesuai petunjuk Pengawas lapangan.

Bahan
  1. Lantai menggunakan keramik 20 x 20 cm, keramik 40 x 40 cm dan dinding keramik25 x 40 cm, kualitas baik, tidak retak, rata, dan mempunyai daya lekat aduk standart, digunakan untuk seluruh ruangan, warna dan motif ditentukan kemudian.
  2. Keramik yang akan dipasang telah diseleksi dengan baik, bentuk,warna dan ukuran masing-masing unit sama, tidak ada bagian yang gompal, retak, maupun cacat. Pada pemasukan penawaran ini penyedia jasa wajib melampirkan surat dukungan Untuk Bahan Material Keramik dari distributor/agen/toko dan Brosur.
  3. Sebelum dilaksanakan pemasangan bahan, Kontraktor harus mengajukan contoh terlebih dahulu untuk mendapat persetujuan Pengawas lapangan. Bahan tersebut harus disimpan di tempat yang terlindung dan tertutup.
  4. Semua keramik menggunakan produksi lokal yang telah memiliki SII dan memenuhi syarat PUBI 1972.

Pelaksanaan Pekerjaan
  1. Pemasangan keramik lantai dan dinding sebaiknya dilakukan pada tahap akhir, untuk menghindari kerusakan akibat pekerjaan yang belum selesai.
  2. Permukaan lantai/ dinding yang akan dipasang keramik harus bersih, cukup kering dan rata air.
  3. Tentukan tulangan dengan mempertimbangkan tata letak ruangan/ tangga/ dinding yang ada. Pemasangan lantai dan dinding dimulai dari tulangan ini.
  4. Terlebih dahulu dipasang menggunakan pasir urug minimal setebal 10 cm, selanjutnya dibuat lantai kerja minimal setebal 7 cm dengan campuran 1 Pc : 3 Psr : 5 Krl.
  5. Sebelum dipasang keramik lantai/ dinding terlebih dahulu direndam air.
  6. Setiap jalur pemasangan sebaiknya ditarik benang dan rata air.
  7. Adukan semen untuk pemasangan keramik harus penuh, baik di permukaan dasar maupun di badan belakang keramik lantai atau dinding yang terpasang. Perbandingan adukan dan ketebalan rata-rata yang dianjurkan.
  8. Untuk lantai 1Pc : 6 Psr dengan ketebalan rata-rata : 1,5 – 4 cm.
  9. Untuk dinding 1Pc : 4 Psr dengan ketebalan rata-rata : 1,5 cm.
  10. Lebar nat yang dianjurkan untuk lantai = 4-5 mm dan dinding 2-3 mm,dengan campuran pengisi nat (Grout) semen atau bahan khusus yang ada di pasaran. Bagi area yang luas dianjurkan untuk diberi expansion joint.
  11. Pemotongan keramik harus menggunakan mesin pemotong, bekas potongan harus digerinda dan diamplas sampai halus dan rata. Perlu dihindari pemotongan keramik < 0.5 x lebar/ panjang ukuran standart.
  12. Pemasangan lantai keramik dilakukan sesuai pola yang ditentukan dalam gambar.
  13. Garis-garis pada pemasangan lantai harus berkesinambungan satu dengan yang lainnya, kecuali pada pertemuan khusus.
  14. Pekerjaan lantai yang tidak lurus/ waterpass, siarnya tidak lurus, berombak, turun naik dan retak harus dibongkar.
  15. Keramik yang sudah terpasang harus dibersihkan dari segala macam noda pada permukaan keramik hingga betul-betul bersih.
  16. Keramik yang sudah terpasang harus dihindarkan dari sentuhan/ beban selama 3 x 24 jam dan dilindungi dari kemungkinan cacat akibat pekerjaan lain.
  17. Karena sifat alamiah dari produk keramik, yang disebabkan proses pembakaran pada temperatur tinggi, dapat terjadi perbedaan warna dan ukuran,untuk ini periksa dan pastikan keramik lantai atau dinding yang akan dipasang mempunyai seri golongan ukuran yang sama.
keramik kamar mandi hitam, lantai kamar mandi, keramik kamar mandi minimalis, keramik garasi mobil, keramik kamar tidur, lantai keramik kamar mandi, keramik lantai ruang tamu, keramik kamar, keramik tangga minimalis, keramik batik, keramik lantai dapur kasar, lantai keramik dapur, keramik lantai garasi mobil, dinding keramik dapur, wastafel portable keramik, ukuran keramik lantai kamar mandi, granit dinding ruang tamu, keramik dinding rumah, keramik lantai hitam, keramik centro 20x40, keramik uno 25x50, granit serat kayu, granit kamar tidur, indogress keramik, keramik teras rumah mewah, keramik lantai marmer, batu granit lantai, granit garasi, keramik kamar mandi elegan, keramik marmer harga, lantai granit putih, keramik kamar mandi hexagonal, keramik lantai dapur, keramik serat kayu, keramik marmer, ukuran keramik lantai paling besar, ukuran keramik tangga, pinggiran keramik lantai, ukuran keramik dinding dapur, granit tembok, keramik dinding wastafel, keramik marmer hitam, keramik toilet, keramik marmer granit, keramik teras depan, belanja keramik, keramik hitam, keramik lantai teras depan rumah minimalis, keramik outdoor, dinding kamar mandi minimalis, lantai kamar mandi batu alam, keramik kia, dinding keramik kamar mandi, keramik porselen, lantai keramik ruang tamu, keramik dinding luar, keramik lantai putih, keramik kamar mandi putih, dinding keramik kamar tidur, keramik mosaic, keramik kamar mandi tidak licin, keramik marmer lantai, lantai granit rumah minimalis, keramik wastafel, mega keramik, keramik lantai kamar, ukuran keramik 30x30, keramik kamar mandi abu abu, keramik cutting, granit kamar mandi mewah, dinding granit, keramik hitam kasar, tembok keramik, lantai kamar mandi granit, kamar mandi granit, keramik dinding polos, keramik lantai dapur minimalis, stepnosing keramik, keramik lantai tangga, keramik lantai kamar tidur, keramik abu abu, keramik teras rumah minimalis, isolator keramik, keramik batu alam dinding depan rumah, keramik depan rumah, istana keramik, keramik doff, kamar mandi keramik, dinding dapur granit, pembersih granit hitam, keramik lantai rumah minimalis, lantai teras, lantai teras rumah, keramik dinding depan rumah 2021, keramik vintage, keramik teraso, lantai teras rumah minimalis, keramik dinding depan rumah, keramik tiang teras, venus keramik, belanja keramik cinere, keramik kamar mandi biru, teraso keramik, keramik kamar mandi polos

2 comments for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Keramik"