Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Bor pile tiang pancang dakam pekerjaan konstruksi

 

bor pile tiang pancang

Pendahuluan

Istilah mesin pancang digunakan untuk menggambarkan berbagai mesin yang digunakan dalam industri konstruksi. Piling rig adalah salah satu jenis mesin pancang yang digunakan untuk mendorong tiang baja atau kayu ke dalam tanah, biasanya untuk struktur pendukung seperti bangunan dan jembatan. Piling rig hadir dalam berbagai ukuran dan gaya tergantung pada tujuannya. Misalnya, beberapa mesin hanya dapat digunakan di hutan karena memerlukan penebangan pohon sebelum mendorongnya ke dalam tanah; yang lainnya didesain secara khusus untuk digunakan pada lahan datar tanpa pohon atau rintangan lain di dekatnya.

bor pile tiang pancang


Bagian: Sebagian besar mesin pancang bertenaga mesin diesel

Mesin penggerak tiang pancang biasanya bertenaga mesin diesel. Ini berarti bahwa mesin ini sangat mobile dan dapat digunakan untuk menggerakkan tiang pancang di banyak lokasi yang berbeda. Mesin penggerak tiang pancang juga dikenal sebagai driver tiang pancang, yang merupakan nama lain untuk perangkat itu sendiri.

Mesin-mesin ini dapat dirancang untuk menggerakkan berbagai jenis tiang pancang tergantung pada apa yang dibutuhkan proyek. Misalnya, jika Anda membangun rumah panggung di daerah rawa dengan tanah lunak di bawahnya, maka mesin Anda harus dirancang khusus untuk jenis aplikasi ini (seperti dengan memiliki lengan ekstra panjang sehingga tidak tenggelam ke dalam tanah). Jika Anda membangun jembatan di atas lautan atau danau, maka alat berat Anda akan memerlukan lengan yang lebih panjang dari biasanya agar tidak jatuh ke dalam air saat bekerja!

Bagian: Rig membuat lubang vertikal ke dalam tanah

Rig adalah mesin yang digunakan oleh kontraktor tiang pancang untuk membuat lubang vertikal di dalam tanah. Mesin-mesin ini dapat digunakan untuk membuat lubang dengan alat eksentrik (berputar), alat penumbuk, atau bahan peledak. Dengan alat-alat ini, rig akan berputar dan memalu lubang dari bawah permukaan tanah. Proses ini disebut "pembuatan tiang pancang". Palu tiang pancang berputar di sekitar porosnya sendiri saat mendorong maju ke dalam bumi sampai mencapai kedalaman yang diinginkan. Kemudian dapat dengan mudah dikeluarkan dari lubang ini dan diganti dengan yang lain jika Anda mengerjakan beberapa tiang pancang sekaligus atau ada pekerjaan lain yang sedang dilakukan di dekatnya yang membutuhkan penggalian lubang di lokasi yang berbeda.

Bagian: Tiang pancang baja atau kayu dimasukkan ke dalam lubang

Langkah pertama dalam proses pemancangan tiang bor adalah menggali lubang. Hal ini dapat dilakukan secara manual dengan sekop, tetapi jauh lebih mudah dan lebih efisien untuk menggunakan backhoe atau excavator. Setelah lubang digali, tiang pancang baja atau kayu dimasukkan ke dalam lubang dengan menggunakan rig penggerak tiang. Rig membuat lubang vertikal ke dalam tanah dan kemudian menempatkan salah satu ujung setiap tiang pancang di poros vertikal ini. Ujung-ujung lain dari tiang pancang ini kemudian didorong ke bawah ke dalam tanah dengan memukulnya berulang kali dengan palu sampai mencapai kedalaman yang diinginkan (biasanya sekitar 10 kaki).

Bagian: Mendapatkan informasi geologi yang jelas tentang lokasi

  • Mendapatkan informasi geologi yang jelas tentang lokasi

  • Pentingnya informasi geologi yang jelas tentang lokasi

  • Cara mendapatkan informasi geologi yang jelas tentang lokasi

Kontrol pekerjaan pada rig tiang bor

Rig pengeboran adalah mesin yang digunakan untuk membuat lubang di tanah. Meskipun rig pengeboran paling dikenal karena penggunaannya dalam eksplorasi dan ekstraksi minyak dan gas, namun rig pengeboran juga memiliki aplikasi di industri lain.

Dalam industri konstruksi, rig pengeboran digunakan untuk memasang tiang pancang, atau tiang, yang digunakan untuk menopang bangunan dan struktur lainnya. Metode penumpukan melibatkan pendorongan batang baja panjang ke dalam tanah sampai puncaknya mencapai kedalaman yang diinginkan. Pipa baja yang berfungsi sebagai tiang kemudian ditempatkan di atas batang-batang ini secara berkala di sepanjang dinding vertikal atau kolom untuk memberikan dukungan struktural terhadap beban gravitasi seperti tekanan angin pada bangunan bertingkat tinggi.

Sebagai contoh: Jika Anda perlu membangun gedung tinggi seperti kompleks apartemen di atas tanah lunak di mana hanya ada sedikit resistensi (berlawanan dengan batuan keras), menggunakan pondasi yang didukung tiang akan mencegahnya tenggelam ke dalam tanah selama angin kencang atau gempa bumi karena mereka mendistribusikan berat secara merata di area yang luas daripada memusatkan semua kekuatan ke titik-titik kecil seperti yang dilakukan pijakan tradisional; ini menjadikannya pilihan ideal untuk wilayah pesisir di mana angin topan terjadi secara teratur sepanjang musim badai (Juni hingga November).

Penutup

Tiang pancang adalah metode yang digunakan secara luas untuk menyangga struktur di dalam tanah. Metode ini ideal untuk digunakan di area dengan akses yang sulit, di mana kondisi tanah buruk atau di mana terdapat batuan yang tidak stabil di bawah permukaan. Tiang pancang juga dapat didorong ke dalam formasi batuan keras jika perlu, meskipun hal ini biasanya dilakukan oleh kontraktor spesialis yang memiliki pengalaman luas dengan jenis pekerjaan ini.

Post a Comment for "Bor pile tiang pancang dakam pekerjaan konstruksi"

SAFELINK