Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Batu Bata Untuk Dinding Rumah


Pada umumnya dinding rumah dibentuk dengan Pasangan Batu bata dan Batako. Dinding Bata dan Batako ini sebaiknya duduk diatas Pondasi Menerus atau Sloof Beton.

Pada kesempatan kali ini saya akan uraikan Teknik Pemasangan Batu Bata, berikut uraiannya:

Pemasangan Batu Nol. Batu Nol ini biasa dipasang diatas Sloof atau Pondasi Menerus, dengan mengacu pada Gambar Denah bangunan yang ada. Dipasang dengan pengukuran seakurat mungkin semoga sama dengan Gambar Rencana. Gunakan Benang Acuan pada pemasangan Batu Nol ini, semoga tercipta pasangan Bata yang lurus dan rapi. Disebut Batu Nol alasannya ialah pemasangannya biasa dilakukan hingga ketinggian Nol Bangunan Rumah atau Gedung.


Pemasangan Lanjutan. Setelah Batu Nol terpasang seluruhnya, kita sanggup melanjutkan pemasangan dinding bata diatasnya. Seperti terlihat pada Gambar disamping.

Pemasangan lanjutan ini juga harus tetap dikontrol dengan Benang Acuan. Gunakan Lot/Bandul Gantung/Waterpas untuk mendapat kerataan Horizontal dan Vertikal nya.


Beri Space/Jarak pada setiap perjumpaan Batu bata dengan Besi Kolom Praktis, sebaiknya berjarak minimal 2,5cm s/d 3cm, semoga Pengecoran Kolom Mudah tersebut nanti sanggup dilakukan dengan baik dan padat. menyerupai terlihat pada Gambar disamping.


Lakukan Pengecoran Kolom Praktis, pada setiap ketinggian tertentu, kira-kira 1,2m s/d 1,5m tinggi pasangan watu bata, sebelum melanjutkan pasangan watu bata diatasnya (ukuran ini bervariasi sesuai dengan karakteristik watu bata tersebut). Hal ini untuk mencegah ambruk atau rubuhnya pasangan watu bata tersebut bila nanti dilanjutkan dengan pemasangan batubata diatasnya.

Pengecoran Kolom Praktis ini sebaiknya dilakukan pada ketika pasangan watu bata telah mengering (dicor keesokan harinya).


Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Batu Bata Untuk Dinding Rumah yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Dynabolt (Baut Anchor) Pada Dinding Atau Beton dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Batu Bata Untuk Dinding Rumah"