Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Lisplang Pada Rangka Atap Baja Ringan



Kali ini saya mencoba menulis secara sederhana ihwal Teknis Pemasangan Lisplank pada Rangka Atap Baja Ringan. Karena tidak banyak saya lihat postingan ihwal hal ini layaknya menyerupai Aplikasi Langsung di Lapangan.

Berhubung Rangka Atap yang banyak dipakai pada ketika ini yaitu menggunakan Baja Ringan, dan Lisplank yang banyak dipakai ketika ini menggunakan GRC, maka postingan saya kali ini yaitu dengan menggunakan kedua materi tersebut.

Ada 2 Cara Teknis Kerja Pemasangan Lisplank, yaitu:

1.  Pemasangan Lisplank secara Vertikal (tegak lurus)

Sistem pemasangan menyerupai ini banyak diterapkan pada pekerjaan Perumahan alasannya teknis kerjanya yang simpel dan mudah, yaitu dengan Penyekrupan Lisplank secara pribadi pada Reng Baja Ringan. Disamping itu juga lebih murah dan hemat dari segi biaya.


(Pemasangan Lisplank secara Vertikal)

Cuma kelemahan cara menyerupai ini yaitu Lisplank cenderung tidak terkunci dengan kokoh pada Rangka Baja Ringan, alasannya hanya mengandalkan 1 buah (1 baris) Sekrup Lisplang pada setiap profil melintangnya, sanggup dilihat pada Gambar disamping.

2.  Pemasangan Lisplank secara Diagonal (tegak Lurus terhadap Rangka Atap)

Sistem Pemasangan menyerupai ini juga banyak diterapkan pada pembangunan Rumah, walaupun caranya yang lebih rumit, dan memerlukan biaya relatif lebih besar.

(Pemasangan Lisplank Tegak Lurus terhadap Canal)

Karena Lisplank didudukan pada Profil C Baja Ringan yang sebelumnya mesti dipasang terlebih dahulu, sehingga memerlukan Profil C Baja Ringan yang lebih banyak.

Namun cara ini lebih baik dari segi kekuatan, alasannya Lisplank tersebut sanggup disekrup 2 buah (2 baris) pada setiap profil melintangnya, sanggup dilihat pada Gambar diatas.

Lisplank GRC ini dipasang memanjang sesuai dengan kebutuhan Atap dan sesuai dengan Gambar Kerja yang ada. Hal yang perlu diperhatikan yaitu Jarak antara Sekrup yang dipasang pada Lisplank sebaiknya tidak terlalu jauh. Jarak ini sanggup bervariasi, sanggup dibentuk antara 20cm s/d 40cm (sepanjang profil menjang Lisplank GRC tersebut), biar terkunci dengan baik dan kuat.

Setelah pemasangan Lisplank selesai, lakukan pendempulan pada setiap Sekrup Lisplank dan Sambungan antar Papan Lisplank, biar tampak rapi sebelum melaksanakan pengecatan. Gunakan dempul yang berkualitas baik dan tahap terhadap Cuaca (hujan dan panas).

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Lisplang Pada Rangka Atap Baja Ringan yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Peralatan Dan Material Yang Dibutuhkan Untuk Fabrikasi Aluminium Composite Panel (ACP) dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Lisplang Pada Rangka Atap Baja Ringan"