Metode Pelaksanaan Pasangan Pondasi Batu Kali/Belah 1Pc : 4Ps





METODE PELAKSANAAN PASANGAN BATU

Pekerjaan pasangan kerikil meliputi pekerjaan pengadaan, pencampuran dan pemasangan. Pasangan kerikil dibentuk dengan perbandingan adonan material : 1Pc : 4Ps. 
Pasangan kerikil yang dikerjakan harus sesuai dengan dimensi dan elevasi bangunan yang akan dibentuk berdasarkan gambar planning atau berdasarkan perintah Direksi Pekerjaan. 
Pembuatan mortar pasangan kerikil dilakukan dengan memakai alat jenis concrete mixer dan alat bantu menyerupai ember, kotak adukan, cangkul, sekop, kereta dorong, kasut kayu dan lain-lain. Sebelum melakukan pekerjaan, Penyedia Jasa akan menyerahkan gambar detail planning pelaksanaan pekerjaan pasangan kerikil dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir.
Penyedia Jasa akan menyerahkan pola jenis materi pasangan kerikil adonan 1 Semen : 4 Pasir kepada Direksi Pekerjaan sebelum melakukan pekerjaan. 


Penyedia Jasa akan menyerahkan daftar peralatan dan tenaga kerja yang akan melakukan pekerjaan pasangan kerikil adonan 1 Semen : 4 Pasir kepada Direksi Pekerjaan. 
Penyedia Jasa akan menyediakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan menyerupai sarung tangan, topi pelindung kepala, menutup hidung, sepatu safety dan lainnya.

Penyedia Jasa akan menyiapkan kotak P3K sebagai penanganan sementara apabila terjadi kecelakan kerja. 
Pasangan kerikil adonan 1 Semen : 4 Pasir dilakukan dengan cara manual dan untuk pengadukan mortar memakai alat mekanik yaitu concrete mixer serta alat bantu menyerupai ember, kotak adukan, cangkul, sekop, kasut kayu/besi, kereta dorong dan lain- lain. Mortar pasangan kerikil harus terbuat dari materi semen, pasir dan air dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir. 
Semua materi mortar harus dicampur hingga merata dengan memakai alat concrete mixer sehingga diperoleh hasil yang memuaskan. 
Perbandingan adonan dibentuk berdasarkan isi dosis sama dengan satu zak semen dalam keadaan kering. 
Penyedia Jasa akan menciptakan dosis yang sama ukuran- ukurannya dan telah menerima persetujuan dari Direksi Pekerjaan. Sebelum dilakukan pekerjaan pemasangan batu, lokasi pekerjaan akan dibentuk profil penampang planning pasangan kerikil yang akan dipasang dan harus berdasarkan gambar planning atau sesuai petunjuk Direksi Pekerjaan. 
Lokasi pembuatan adukan atau menempatan alat pengaduk diatur sedemikian rupa semoga sanggup menjamin kelancaran pekerjaan. Memudahkan bagi pengawas dan menjamin tercapainya mutu adukan yang baik dan terlindung. 
Lokasi pembuatan adukan akan diatur sedekat mungkin dengan lokasi konstruksi yang akan dikerjakan. 
Pasir dan semen telah disiapkan terpisah ditempat kering (lebih tinggi dari tanah sekitarnya).


Kotak adukan diletakan ditempat datar sempurna berada dibawah alat pengaduk/concrete mixer dan dilokasi yang memudahkan bagi petugas pengaduk dan pengangkutan adukan ke lokasi kerja. 
Drum air ditempatkan didekat alat pengaduk, kotak-kota dosis disiapkan secukupnya dilokasi timbunan pasir dan semen. 
Gerobak pengangkut adukan dan bejana disiapkan erat alat pengaduk kearah konstruksi yang akan dikerjakan. 
Material kerikil yang akan dipasang harus didekatkan dengan lokasi pekerjaan, semoga memudahkan dalam pekerjaan. 
Pada cuilan dasar pemasangan kerikil harus diberi mortar terlebih dulu gres dipasang batu. 
Mengisi rongga diantara batu-batu dengan adukan hingga penuh/mampat dengan memakai sendok adukan/sekop/cetok. Pemasangan kerikil dilakukan dengan memakai alat bantu kasut kayu atau besi dan palu besar/godem dan lain-lain. Apabila dalam pembentukan dimensi pasangan kerikil memerlukan dimensi kerikil yang ukuran kecil, maka dilakukan pemecahan kerikil dengan memakai alat bantu palu besar/godem. 
Pada cuilan permukaan sisi luar pasangan kerikil yang sudah terbentuk kemudian diratakan sesuai dimensi planning bangunan yang dibuat. 
Adukan mortar dengan segera dan secepatnya dibawa ke daerah pemasangan dengan memakai cara (metode) yang sepraktis mungkin, sehingga tidak memungkinkan adanya pengendapan agregat dan tercampurnya kotoran-kotoran atau bahan-bahan lain dari luar Bahan pasangan kerikil dibentuk dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir memakai materi antara lain : 
a. Semen 
Semen harus disediakan oleh Penyedia Jasa dari hasil produksi pabrik yang disetujui oleh Direksi Pekerjaan. Semen harus terbungkus dalam kantong-kantong yang cukup berpengaruh untuk tahan penanganan kasar. Segera sehabis diterimanya di lapangan kerja, semen akan disimpan dalam penyimpanan yang kering, tahan air dan diberikan ventilasi yang memadai, dengan pencegahan perembesan kelembaban yang cukup. Cara penanganan dan penyimpanan semen oleh Penyedia Jasa harus sesuai dengan persetujuan Direksi Pekerjaan. 
b. Batu kali/belah 
Material kerikil akan dipastikan bersih, keras, tanpa cuilan yang tipis atau retak dan dipastikan dari jenis yang diketahui awet. 
Batu yang dipakai kerikil belah atau kerikil bulat, kerikil kali yang dipecah salah satu sisinya tidak ringkih serta tidak keropos, tidak berpori. 
Batu dipastikan rata, lancip atau lonjong bentuknya dan sanggup ditempatkan saling mengunci jikalau dipasang tolong-menolong dan telah disetujui oleh Direksi Pekerjaan. 
c. Pasir Pasang 
Pasir harus berkualitas baik dengan diameter maksimum 2.00 mm atau berdasarkan petunjuk Direksi Pekerjaan. Pasir diupayakan selalu bersih, keras, padat, tidak tercampur kerikil pecah dan harus bebas dari banyak kotoran lempung, lanau dan materi kimia lain yang sanggup mempengaruhi kekuatan spesi. 
d. Air Campuran 
Air yang dipakai pada pencampuran mortar dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir yaitu air higienis dan bebas dari kotoran, tidak mengandung endapan lumpur, zat-zat organik, alkali, garam atau tidak mengandung bahan-bahan yang sanggup mempengaruhi daya lekat beton, menyerupai minyak dan lemak. Pada ketika waktu istirahat semua peralatan pekerjaan akan diamankan semoga tidak terjadi kecelakaan, baik jawaban terinjak, kejatuhan atau lain sebagainya yang sanggup menjadikan terluka ringan atau berat.


Pengamanan sanggup dilakukan dengan cara menempatkan alat ditempat yang kondusif atau dibawa ke work shop atau digudang penyimpanan alat. 
Dan untuk material yang dipakai khususnya materi semen yang masih terbuka akan ditutup dan ditempatkan ditempat yang kondusif jauh dari jangkauan semoga tidak terjadi kecelakan jawaban menghirup bubuk semen atau tergoda materi semen tersebut. 
Sedangkan material kerikil dan pasir akan ditempatkan dilokasi yang tidak mengganggu kegiatan kegiatan atau masyarakat yang melewatinya. 
Pengukuran pekerjaan pasangan kerikil kali/belah dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir diukur berdasarkan dimensi dan elevasi yang sudah dipasang sesuai dengan bangunan yang dibentuk berdasarkan gambar rencana. 

Pelaksanaan pasangan kerikil kali/belah ini akan dilaksanakan dengan memakai tenaga terampil yang telah terbukti kualitasnya dan dilaksanakan pada ahad ke 5 sehabis seleseai dilaksanakan pekerjaan galian dan pekerjaan urugan pasir, sedangkan volume yang akan dilaksanakan sesuai dengan yang tertuang dalam bill of quantity dengan volume 1.658,00 M3 dengan planning waktu penyelesaian pekerjaan pasangan kerikil yaitu 35 hari kalender atau sama dengan 5 ahad dengan kebutuhan tenaga kerja yaitu 2 regu/kelompok yang meliputi pekerja, tukang, kepala tukang serta mandor kerja dan planning penggunaan materi yaitu portland cemen 5.405,08 Sak, pasir pasang 862,16 m3, kerikil kali/belah 1.989,60 m3.



Pembayaran pasangan kerikil dengan perbandingan adonan 1 Semen : 4 Pasir dibentuk berdasarkan harga satuan setiap per meter kubik (M3) yang telah ditetapkan dalam Bill Off Quantity (BOQ). Harga satuan tersebut telah termasuk seluruh biaya pekerja, bahan-bahan dan peralatan yang dipergunakan. 

Kami selaku kontraktor akan berusaha semaksimal mungkin mengendalikan waktu, mutu dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Demikian metode pelaksanaan pasangan kerikil 1 : 4 ini kami buat sebagai salah satu syarat dalam pemenuhan dokumen meski dalam pelaksanaannya nanti dilapangan kami tetap meminta petunjuk serta kode dari pemilik pekerjaan.


0 Response to "Metode Pelaksanaan Pasangan Pondasi Batu Kali/Belah 1Pc : 4Ps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel