Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Plester Dinding Hebel

 Bagaimana cara memplester dinding hebel dengan cepat Metode Pelaksanaan Pekerjaan Plester Dinding Hebel

Bagaimana cara memplester dinding hebel dengan cepat? Pelaksanaan pekerjaan plesteran sesungguhnya tidak terlalu sulit. Akan tetapi, diperlukan metode pengaplikasian yang tepat biar alhasil pun memuaskan. Plesteran tembok terlihat baik, rapi, dan rata. Jika Anda masih pemula dalam memplester dinding hebel, ikuti panduannya dari kami berikut ini!

Alat dan Bahan :
  • Semen
  • Pasir
  • Air
  • Triplek
  • Kawat ayam
  • Meteran
  • Jidar
  • Roskam
  • Benang
  • Unting-unting
  • Cetok
  • Ember
  • Kertas semen
Langkah Kerja :
  1. Bangun dinding bata ringan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati. Pastikan susunan hebel tersebut menghasilkan tembok yang banar-benar tegak. Semakin rapi hasil pekerjaan pembuatan dinding, maka kebutuhan plesterannya pun akan semakin hemat.
  2. Siram permukaan tembok hebel tadi menggunakan air hingga berair secara merata. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya serap permukaan dinding terhadap adukan plesteran yang akan ditempelkan ke permukaannya.
  3. Pasanglah benang penanda sedemikian rupa untuk memilih ketegakan horisontal dan vertikal. Benang ini nantinya akan sangat membantu Anda, terutama dalam menciptakan plesteran dengan kerataan dan ketebalan yang sesuai. Idealnya ukuran ketebalan plesteran untuk tembok bata ringan berkisar antara 1,5-3 cm.
  4. Jangan lupa untuk memilih juga tata letak instalasi mekanikal dan elektrikal yang bakal tertanam di dalam plesteran, contohnya kabel listrik dan akses pipa. Usahakan untuk memasang seluruh instalasi tersebut terlebih dahulu sehingga Anda tidak perlu membobol plesteran lagi di kemudian hari.
  5. Kini waktunya untuk menciptakan adukan plester. Biasanya adukan yang diperlukan untuk pekerjaan plester terbuat dari adonan semen dan pasir dengan perbandingan 1:4 atau sesuai ajuan pada kemasan semen yang Anda pakai. Kemudian tambahkan air secukupnya ke dalam adukan tersebut dan pastikan komposisinya tercampur rata.
  6. Pekerjaan plester dinding mulai sanggup dilaksanakan sekarang. Caranya ialah dengan menempelkan adukan tersebut dengan tekanan yang besar lengan berkuasa pada permukaan dinding menggunakan cetok. Setelah itu, ratakan permukaan plesteran menggunakan jidar dan roskam. Lanjutkan pekerjaan ini hingga semua permukaan dinding hebel tertutupi oleh plesteran dengan baik.
  7. Setelah pekerjaan plesteran final dilaksanakan, proses selanjutnya ialah menunggu plesteran tersebut supaya mengering sempurna, kurang lebih selama 5-7 hari tergantung cuaca. Disarankan untuk selalu menyiram permukaan dinding hebel selama proses pengeringan berlangsung biar tidak timbul keretakan pada tembok tersebut.
  8. Anda sanggup memulai pekerjan mengaci dinding bata ringan sesudah kondisi plesterannya sudah kering dan besar lengan berkuasa sekali. Jikalau Anda terlalu terburu-buru untuk mengaci tembok, hal ini justru sanggup menjadikan acian menjadi tidak optimal. Alhasil ketika melaksanakan finishing, permukaan dinding tersebut akan mengalami keretakan rambut dan terlihat pecah-pecah.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Plester Dinding Hebel"