Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasang Rangka Pagar Baja Ringan Cnp 0.75

Disini saya akan menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75

Rangka Atap Baja Ringan merupakan struktur pembangun untuk membentuk atap yang terbuat dari materi baja tipis yang mempunyai kekokohan mirip rangka kayu, bahkan lebih kokoh alasannya anti rayap. Bentuk yang umum berupa Canal C dan Reng yang biasa kita sebut Truss.

Canal C merupakan penahan atau penopang utama dalam rangka. Dinamakan Canal C alasannya bentuknya ibarat karakter C yang sengaja di bentuk mirip balok kayu. Sedangkan Reng merupakan aksesori rangka Canal C yang di gunakan untuk menopang rangka atap pula. Digunakan untuk dikaitkan dengan epilog atap.

Teknis pelaksanaan pekerjaan

A. Persiapan :

Pembuatan dan pengajuan shop drawing pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75.
1. Approval material yang akan digunakan.

2. Persiapan lahan kerja.

3. Persiapan material kerja, antara lain : CNP 0.75, dynabolt, sekrup, dll.

4. Persiapan alat kerja, antara lain :  mesin gerinda, scaffolding, waterpass, meteran, selang air, bor listrik, cutting well, benang, dll.

B. Pabrikasi

1. Potong rangka Baja Ringan sesuai ukuran.

2. Bor lubang baut sambungan

3. Join Kuda-kuda baja ringan dengan paku sekrup

4. Buat nomor kuda-kuda baja ringan semoga memudahkan sortir pada ketika erection.

C. Pemasangan kuda-kuda

1. Mengangkat kuda-kuda secara hati-hati, semoga tidak menjadikan kerusakan pada rangkaian kuda-kuda yang telah selesai dirakit.

2. Memasang kuda-kuda menurut gambar kerja.

3. Memastikan posisi kiri dan kanan (L-R) kuda-kuda tidak terbalik. Sisi kanan dan kiri kuda-kuda sanggup ditentukan dengan teladan posisi ketika pekerja melihat kuda-kuda, dengan verbal web sanggup dilihat oleh pekerja. Bagian di sebelah kiri pekerja disebut sisi kiri, sedangkan yang berada disebelah kanannya ialah sisi kanan.

4. Mengontrol posisi berdirinya kuda-kuda semoga tegak lurus.

5. Mengencangkan kuda-kuda dengan plat L (L bracket), dengan menggunakan 4 buah screw 12 – 14x20HEX.

6. Mengulangi langkah ke – 1 sampai  ke – 6 untuk mendirikan semua kuda-kuda, sesuai dengan posisinya dalam gambar kerja.

7. Memeriksa ulang jarak antar kuda-kuda dari as ke as (maksimum 1,2 meter).

8. Memeriksa kedataran (leveling) semua puncak kuda-kuda (Apex), dan memastikan garis nok mempunyai ketinggian yangsama (datar).

9. Memasang bracing (pengikat) sebagai perkuatan, kalau bekerja beban angin. Bracing dipasang di atas top-chord dan di bawah reng.

10.Memasang reng (roof battens) dengan jarak menyesuaikan jenis epilog atap yang digunakan. Setiap pertemuan reng dengan kuda-kuda diikat menggunakan screw ukuran 10-16x16 sebanyak2 (dua) buah.

11.Memasang outrigger (gording tambahan sehabis kuda-kuda terakhir yang menumpu ring balk). Pada atap jenis pelana, out rigger sanggup dipasang sebagai overhang dengan panjang maksimal 120 cm dari  kuda-kuda terluar, dan jarak  antar out rigger 120 cm. Out rigger harus diletakkan dan di-screw dengan dua buah kuda-kuda yang terdekat.

Demikian klarifikasi ihwal metode pelaksanaan pekerjaan pasang rangka pagar baja ringan CNP 0.75.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca..

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasang Rangka Pagar Baja Ringan Cnp 0.75"