Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Rencana Kerja dan Syarat (RKS) Pekerjaan Persiapan Gedung


PEKERJAAN PERSIAPAN


PEKERJAAN PERSIAPAN

I.1  PEMBERSIHAN LOKASI
  1. Lapangan terlebih dahulu harus dibersihkan dari rumput, semak, akar-akar dan pohon.
  2. Sebelum pekerjaan dimulai, lapangan harus dijaga, tetap bersih dan rata.
  3. Pekerjaan di mulai dengan pembongkaran sesuai yang di arahkan pada Uitset lapangan.


I.2  PENGUKURAN KEMBALI
  1. Penyedia Jasa diwajibkan mengadakan pengukuran dan menggambar kembali lokasi pembangunan dengan dilengkapi keterangan-keterangan mengenai peil ketinggian tanah, letak pohon, letak batas-batas tanah dengan alat-alat yang sudah tertera kebenarannya.
  2. Ketidakcocokan yang mungkin terjadi antara gambar dan keadaaan lapangan yang sebenarnya harus segera dilaporkan kepada Konsultan Perencana/Konsultan Pengawas untuk diminta keputusannya.
  3. Penentuan titik ketinggian dan sudut-sudut harus dilakukan dengan alat waterpass/theodolit yang ketepatannya dapat di pertanggungjawabkan.
  4. Penyedia Jasa harus menyediakan theodolit/waterpass beserta petugas yang melayaninya untuk kepentingan pemeriksaan Konsultan Perencana/Konsultan Pengawas selama pelaksanaan pekerjaan.
  5. Penglurusan sudut siku dengan prisma atau barang secara asas segitiga phytagoras hanya diperkenakan untuk bagian-bagian kecil yang disetujui oleh Konsultan Perencana/Konsultan Pengawas.
  6. Segala pekerjaan pengukuran persiapan termasuk tanggungan Penyedia Jasa.

I.3  PEKERJAAN PENYEDIAAN AIR DAN DAYA LISTRIK UNTUK BEKERJA
  1. Air untuk bekerja harus disediakan Penyedia Jasa dengan mendatangkan air kelokasi pekerjaan atau disuplai dari luar. Air harus bersih dari debu, bebas dari lumpur, minyak dan bahan-bahan kimia lainnya yang merusak. Penyediaan harus sesuai dengan petunjuk dan persetujuan Konsultan Perencana/Konsultan Pengawas.
  2. Listrik untuk bekerja harus disediakan oleh Penyedia Jasa dan dapat diperoleh dari sambungan sementara PLN setempat selama masa pembangunan. Penggunaan disel untuk pembangkit tenaga listrik hanya diperkenakan untuk penggunaan sementara atas persetujuan Konsultan Pengawas, daya listrik juga disediakan untuk suplai kantor Konsultan Pengawas.

I.4  PEKERJAAN PENYEDIAAN ALAT PEMADAM KEBAKARAN
Selama pembangunan berlangsung, Penyedia Jasa wajib menyediakan tabung alat pemadam kebakaran (fire extinguisher) lengkap dengan isinya dengan jumlah sekurang-kurangnya  1 (satu) tabung.


I.5  KANTOR PENYEDIA JASA DAN LOS KERJA.
  1. Ukuran luar kantor Penyedia Jasa dan Los Kerja serta tempat simpan bahan, disesuaikan dengan kebutuhan Penyedia Jasa dengan tidak mengabaikan keamanan dan kebersihan serta dilengkapi dengan pemadan kebakaran.
  2. Khusus untuk tempat simpan bahan-bahan seperti : Pasir, Krikil harus dibuat kotak simpan yang dipagari dinding papan yang cukup rapat, sehingga masing-masing bahan tidak tercampur.

I.6  PAPAN NAMA
  1. Penyedia Jasa harus menyediakan Papan Nama  yang mencantumkan nama-nama Pemberi Tugas, Konsultan Perencana, Konsultan Pengawas dan Penyedia Jasa.
  2. Ukuran Layout dan peletakan papan nama harus dipasang sesuai dengan pengarahan Konsultan Pengawas.
  3. Papan Nama sekurang kurangnya berisi :.
    • Nama Kegiatan
    • Pengguna Jasa dan Alamat
    • Penyedia Jasa dan Alamat
    • Jangka waktu pelaksanaan
    • Jangka waktu pemeliharan

Post a Comment for "Contoh Rencana Kerja dan Syarat (RKS) Pekerjaan Persiapan Gedung"