Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Rekomendasi Warna dan Bahan Cat Dinding Rumah Minimalis

Rekomendasi Warna dan Bahan Cat Dinding Rumah Minimalis

Rumah minimalis menjadi tren yang terus berkembang sepanjang tahun. Keterbatasan lahan menjadi salah satu alasan banyaknya rumah dibangun dengan desain yang minimalis. Memiliki rumah sesuai dengan keinginan adalah impian bagi semua orang. Bila dilihat kembali, rumah dapat dikatakan minimalis, bukan hanya memanfaatkan ruang sebaik mungkin, tetapi tata ruang dan desain interior menjadi pendukungnya juga. 

Warna dan Bahan Cat Dinding Rumah Minimalis

Jika dilihat dari pewarnaan cat dinding rumah, banyak orang yang kurang memperhatikannya. Warna cat juga berpengaruh pada hasil finishing dari suatu bangunan. Penggunaan warna cat juga tergambar sesuai dengan karakter pemilik rumah. Selain itu, warna cat bisa memberikan kesan dingin dan nyaman bagi penghuninya. 
Pada umumnya, warna dinding rumah lebih cenderung berwarna putih, biru, abu-abu, dan beberapa warna terang lainnya. Akan tetapi, pada rumah minimalis selalu memadukan fungsi tata ruang dan visualnya yang khas. Misalnya, cat dinding rumah minimalis cenderung menggunakan warna yang lembut, elegan, dan terlihat lebih energik. Pemilihan warna pada bangunan rumah sangat penting, agar menonjolkan kesan yang menarik. Fungsi warna memberikan nilai keindahan dalam ruangan. Pewarnaan pada dinding juga menghilangkan kesan monoton, polos, dan terkesan tidak rapi. 


Tips Dalam Menentukan Cat Dinding
Memiliki rumah yang minimalis tidak hanya berdasarkan pemanfaatan ruang saja. Hasil pewarnaan cat pada rumah juga berpengaruh. Sebelum memutuskan untuk membeli cat dinding, harus diperhitungkan dengan tepat, agar menghasilkan kesan yang nyaman.

1. Memilih Karakter Warna Cat
Sebelum memilih cat dinding apa yang cocok, pastikan terlebih dahulu, karakter apa yang ingin ditonjolkan pada warna rumah tersebut. Tidak hanya itu, sebagai pemilik rumah sebaiknya ikut terlibat dalam memilih bahan, agar sesuai dengan harapan. Warna juga dapat mempengaruhi rasa emosional dan pikiran bagi penghuninya. Misalnya, cat ruang tamu elegan dapat memadukan warna biru muda memiliki karakter yang tenang, memberikan kesan sejuk, dan mampu menghilangkan stress. Lalu, warna kuning muda, kuning jeruk lemon, dan biru laut bisa memiliki karakter untuk menciptakan suasana yang ceria.

2. Memilih Jenis Cat 
Setelah menentukan warna apa yang diinginkan, memilih jenis cat juga bagian terpenting. Hasil akhir dari penggunaan lapisan dan bahan cat akan menghasilkan tekstur pada bahan tersebut. Misalnya, cat glossy, cat ini akan menampilkan warna dinding yang berkilau. Cat ini memberikan kesan yang mewah dan elegan. Kemudian, jenis cat doff  atau matte sering digunakan untuk menampilkan kesan sederhana yang rapi. Cat ini cenderung tidak mengkilap. Lalu, Jika ingin memberikan kesan yang fancy atau mewah, dapat menggunakan cat berjenis satin. Jenis cat ini juga halus dan tidak memantulkan cahaya. 

3. Terakhir, membeli cat tidak harus mahal.
Pilihlah cat tembok murah berkualitas yang awet, tidak mudah terkelupas, bersifat waterproof atau tahan air, dan yang tidak mudah berjamur. Selain itu, gunakan cat dengan bahan yang mudah dibersihkan. 



Warna Cat Dinding Rumah Minimalis
Setelah melihat tips-tips apa saja yang diperlukan untuk memilih cat dinding rumah. Akan lebih terlihat jelas, jika tips tersebut diuraikan secara satu persatu. Berikut rekomendasi warna cat dinding rumah minimalis.

1. Warna Natural
Warna natural ini bisa digunakan untuk memberikan kesan hangat. Warna natural tidak hanya menyangkut pada warna putih saja. Misalnya, menggunakan cat dengan warna beige. Warna ini cenderung coklat pucat dan kekuningan. Selain, memiliki tone yang sederhana, menggunakan warna ini juga menciptakan rasa yang tidak bosan, memberikan kesan kalem. Warna ini cocok digunakan sebagai warna cat ruang keluarga modern

2. Warna Biru Langit
Jika, ingin menampilkan kesan yang nyaman. Warna biru langit bisa menjadi pilihan untuk cat dinding kamar tidur. Warna biru langit ini memberikan kesan yang lembut, memberikan ketenangan, meningkat konsentrasi belajar, dan dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak. Di samping itu, warna biru langit bisa menambah kesan suatu ruangan dapat terlihat lebih luas.

3. Warna Oranye
Menggunakan warna oranye yang cerah dapat meningkatkan semangat dan  suasana ceria bagi penghuninya. Warna ini juga semakin terkesan menarik bila digabungkan dengan furniture berwarna putih. Jika menggunakan warna ini, sebaiknya memadukan warna interior yang netral, sehingga adanya warna oren menjadi seimbang. Karakteristik ceria pada warna rumah ini, cocok digunakan untuk cat rumah ruang tamu.

4. Warna Coklat 
Coklat juga termasuk dalam warna netral. Misalnya, menggunakan warna krim coklat atau hazelnut dapat memberikan kesan hangat dan dapat memantulkan cahaya dengan baik. Warna-warna coklat soft ini banyak digunakan dalam konsep cat dinding rumah minimalis. Selain itu, menggunakan warna coklat keabu-abuan memberikan kesan yang tidak membosankan.

5. Warna Putih
Warna putih masih menjadi basic dalam pewarnaan cat dinding rumah. Meski, terkadang terlihat membosankan, warna ini dapat dipadukan dengan furniture yang berwarna soft akan meningkatkan kesan klasik yang elegan. Warna putih juga sering dipadukan dengan warna hitam atau sering disebut monokrom. Gabungan kedua warna ini menghasilkan kesan romantis dan maskulin. Monokrom ini cocok digunakan pada cat tembok kamar aesthetic. Selain itu, gunakan warna putih bisa memberikan kesan ruang yang terlihat lebih luas dan dapat memaksimalkan cahaya pada ruangan.



Bahan Untuk Lapisan Cat
Proses mengecat dinding rumah juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah lapisan cat yang digunakan. 
  1. Menggunakan cat primer berbahan minyak yang digunakan sebagai lapisan awal yang dapat memberikan daya lekat untuk bahan cat selanjutnya.
  2. Selanjutnya, menggunakan cat undercoat yang digunakan setelah menggunakan cat primer yang berfungsi menghaluskan permukaan bangunan.
  3. erakhir, menggunakan cat finishing. Lapisan cat ini digunakan untuk memunculkan warna pada bahan cat dinding atau interior. 


Jenis Cat untuk Rumah Minimalis
  1. Pilihlah cat jenis alkyd syntetic yang digunakan pada eksterior ataupun interior rumah. Cat ini menghasilkan warna yang glossy atau mengkilap. Jenis cat ini awet, tahan segala cuaca, bisa digunakan pada besi atau kayu, dan dapat digunakan sebagai cat tembok interior anti jamur.
  2. Jenis cat zinc chromate primer, dapat digunakan untuk bahan logam seperti pagar besi, sehingga lebih awet dari korosi. 
  3. Cat emulsi styrene acrylic dapat digunakan untuk beton, batako, tripleks yang bersifat waterproof. Jenis ini cocok digunakan sebagai cat untuk dinding lembab.
  4. Cat melamic dapat digunakan dengan rumah minimalis berbahan dasar kayu. Cat ini dapat menghaluskan permukaan dan membuat kayu menjadi awet. Cat ini cenderung mengkilap atau glossy. Jenis ini cocok diterapkan sebagai cat rumah kayu minimalis
  5. Cat dinding rumah minimalis. jenis wall sealer ini digunakan untuk membuat lapisan dinding lebih halus, sehingga proses pengecatan lebih mudah dilakukan. 

Post a Comment for "Rekomendasi Warna dan Bahan Cat Dinding Rumah Minimalis"

SAFELINK