Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Geotextil Untuk Memperkuat Tekstur Tanah

Manfaat Geotextil Untuk Memperkuat Tekstur Tanah 

Indonesia merupakan negara agraris dengan jumlah sumber daya alam yang melimpah dari ujung timur hingga barat. Tak heran banyak pihak asing ingin menguasai setiap hasil buminya. Salah satu faktor penting dalam sumber daya tinggi adalah ketersediaan tanah yang sangat subur. Namun, seiring dengan rotasi tanah setiap tahunnya kualitasnya semakin berkurang, maka perlu dilakukan tindakan. Tindakan perawatan tanah bisa dilakukan dengan bahan geotextil.



Manfaat Lapisan Geotextil 
1. Filter 
Filter atau pemisah menggunakan prinsip memisahkan dua partikel sehingga tidak ada pengotor yang terbawa ke bagian bawah. Harga geotextile per roll sesuai dengan yang diberikan akan memisahkan air dari lapisan pertama menuju lapisan kedua tanpa membawa tanah. Dengan demikian area hasil saringan akan lebih terjaga.

2. Memisahkan partikel 
Lapisan geotextil terbuat dari bahan elastis yang bisa memisahkan partikel tanah keras dengan lunak. Prinsipnya tanah lunak terkadang naik ke permukaan yang membuat tekstur tanah keras menjadi kurang baik. Dengan tanah keras yang tercampur tanah lunak bisa dipisahkan dengan lapisan geotextil. 

3. Melindungi bagian tanah
Lapisan harga geotextile per roll perlahan akan melindungi tanah yang sudah bagus untuk tidak tercampur dengan tekstur tanah yang kualitasnya kurang bagus. 

4. Stabilisasi
Fungsi stabilisasi sebenarnya masih belum diakui oleh pihak teknik geoteknik karena pemanfaatannya belum maksimal. Tetapi, dengan sistem daya tarik kuat bisa menyetabilkan kualitas tanah. 


Jenis Geotextil 
1. Woven
Terbuat dari bahan PE atau PET yang seratnya dianyam secara kuat, namun tetap mampu melaksanakan tugasnya untuk menjaga kualitas tanah. Bahan ini juga lebih tahan dengan pancaran sinar UV dan daya tarik sesuai dengan sertifikat ASTM. Aplikasi dari geotextil woven umumnya digunakan untuk menyetabilkan tanah rel kereta, konstruksi jalan yang sedang direncanakan dan atau penahanan tanah .

2. Non woven
Nama lainya adalah filter fabric yang teksturnya tidak dianyam seperti pada jenis woven melainkan dengan cara needle punch. Anda bisa membayangkan bahwa bentuknya mirip dengan karpet, tetapi bisa digunakan sebagai penyaring tanah keras dan lunak. Bahan dasar pembuatnya adalah PP atau PET. 

Secara umum, manfaat dari jenis jenis geotextil memisahkan dua tekstur tanah namun penggunaannya menyesuaikan dengan kondisi tanah. Jika kondisi tanahnya cenderung lunak bisa menggunakan lapisan geotextil woven.  Anda bisa membeli bahan geotextil woven dan nonwoven dengan harga Rp. 18 ribuan tergantung berat dan panjang. Berat geotextile tersedia 150 gram, 250 gram dan 300 gram. Untuk panjangnya tersedia meteran dan roll. Pemesanan geotextil bisa menyesuaikan kebutuhan, apabila Anda butuh bahan tersebut harga geotextile per roll sekitar Rp. 2 jutaan. Naik turunnya harga barang bisa berubah sewaktu-waktu. 

Gunakan geotextil untuk membenahi tekstur tanah yang kurang berkualitas. Tanah yang baik memiliki ciri tidak mudah gempur dan ulet saat diolah.

Post a Comment for "Manfaat Geotextil Untuk Memperkuat Tekstur Tanah"