Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Geotextil Woven dan Non Woven

Perbedaan Geotextil Woven dan Non Woven
Bahan pelapis tanah geotextil berkualitas dengan berbagai jenis dan ukuran yang Anda butuhkan. Geotextil digunakan sebagai penyaring, pelindung, pemisah antara tanah lunak dengan keras. Tanah yang terlalu lunak tidak baik digunakan untuk jalan umum sedangkan tanah yang terlalu keras akan merugikan usaha pertanian. Dalam hal ini, setiap daerah memiliki karakter tanah yang berbeda namun penggunaanya sama, misalnya untuk jalan umum, jembatan, pertanian atau pondasi bangunan. 
Perbedaan Geotextil Woven dan Non Woven


Dengan demikian, perlu adanya lapisan geotextil agar kebutuhan Anda tercukupi. Ada dua jenis jenis geotextil yang tersedia:

Geotextil Non Woven 
Terbuat dari bahan plastik sintetis dengan tipe PET atau PE yang tidak dirajut namun dengan model yang demikian masih berguna secara maksimal dalam penyaringan dan pemisahan tanah. Bentuknya mirip sekali dengan karpet duduk, ukurannya roll besar, bisa bekerja dengan penanganan maksimal ekstra.  Dengan permukaan pori yang rekat dan kecil semua partikel bisa melewati dengan lancar seperti air mengalir tetapi untuk partikel tanah tidak mampu menembus. Tersedia dengan pilihan berat harga geotextil per m2 150 gram, 200 gram, 250 gram, 300 gram, 350 gram dan 400 gram. 

Untuk aplikasi paling umum digunakan sebagai saluran drainase yang ada di kota atau desa. Saluran drainase yang buruk biasanya akan membawa partikel tanah dan membuat kualitas air lebih buruk, cenderung kurang jernih dan agak bau. 


Geotextil Woven
Terbuat dari bahan plastik sintetis dengan tipe PP atau PET yang setiap permukaannya dirajut. Kendati memiliki karakter yang demikian, bahan jenis ini tetap bisa bekerja dengan baik karena prinsip semi permeabelnya mampu menyaring dan memisahkan partikel air dengan tanah. Mesin yang digunakan untuk menggabungkan rajutannya juga menerapkan sistem tensile strength. Yaitu kekuatan penahanan tinggi dan resapan maksimal. 

harga geotextil per m2 mulai dari Rp. 20 ribuan tergantung beratnya. Tersedia 3 tipe berat yaitu 150 gram, 183 gram dan 280 gram. 


Apakah Efektif Menggunakan Lapisan Geotextil?
Ya, sangat efektif sekali karena karakter tanah setiap jengkal selalu berbeda. Sebagai gambaran, dalam satu wilayah desa A yang cenderung memiliki karakter padat ulet belum tentu akan sama di wilayah yang sama dengan jarak yang lebih dekat. Busa jadi, 10 meter ke depan karakter tanah di wilayah A sudah berubah menjadi lebih keras. Pergerakan dan komposisinya berbeda-beda. Itulah mengapa Anda butuh lapisan geotextil untuk menyamaratakan karakter tanah yang akan dikelola atau dibangun. 

Harga geotextil per m2 non woven tersedia dalam 2 pilihan yaitu 200 meter dan 400 meter sedangkan woven tersedia dalam 600 meter dan 800 meter. Bahan ini juga bagus untuk aplikasi lahan gambut pertanian yang ada di luar jawa. Pemesanan minimal 1 roll untuk sekali kirim.

Post a Comment for "Perbedaan Geotextil Woven dan Non Woven"