Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

5 Alasan Mengapa Besi Baja Cocok untuk Konstruksi Perumahan

Penggunaan besi baja untuk konstruksi bangunan sangat populer akhir-akhir ini. Bangunan-bangunan tinggi, gudang, menara, jembatan dan lain sebagainya sering memanfaatkan baja sebagai material konstruksi bangunannya. Hal ini tentu tidak mengherankan apabila melihat fakta bahwa besi baja adalah industri terbesar nomor dua di dunia, di bawah industry minyak dan gas.

Meski begitu, penggunaan material baja untuk hunian rumahan masih cukup terbatas. Tidak sedikit orang masih memilih menggunakan material lainnya untuk struktur dan rangkanya, misalnya material dari kayu. Padahal, material kayu memiliki beberapa keterbatasan yang bisa berdampak kurang baik bagi bangunan tersebut.

Baja Konstruksi Rumah


Lalu apabila kita ingin dikupas lebih dalam, sebenarnya material konstruksi yang berasal dari besi baja seperti WF dan CNP mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan material lainnya. Kira-kira apa alasannya ya?
1. Durabilitas
Baja adalah salah satu material yang paling kuat dan tahan lama di dunia. Ini adalah alasan pertama mengapa besi baja cocok digunakan untuk konstruksi perumahan. Dibandingkan dengan material yang berasal dari kayu yang hanya bertahan dalam waktu singkat, besi baja berkualitas bisa bertahan kurang lebih 100 tahun lamanya, bergantung dengan lokasi dan kondisi lingkungan setempat. Perawatan material besi baja juga relative lebih mudah.

2. Sustainability
Baja adalah material yang paling ramah lingkungan, mengapa? baja diproduksi oleh material baja yang didaur ulang. Bahkan beberapa pihak mengatakan bahwa baja yang ada di pasaran saat ini didominasi oleh baja daur ulang. Oleh karena itu, dengan menggunakan material baja untuk konstruksi, secara tidak langsung anda bisa membantu menjaga lingkungan melalui pengurangan limbah dan potensi penggundulan hutan secara berlebihan.

3. Natural Disaster Resistant
Alasan selanjutnya mengapa besi baja cocok untuk konstruksi perumahaan adalah karena besi baja tahan terhadap beberapa bencana alam. Apabila terjadi kebakaran di sekitar rumah anda, anda tidak perlu terlalu khawatir apabila anda menggunakan material yang berasal dari baja. Karena seperti yang kita tahu bahwa baja adalah material yang tahan api. Hal ini tentu berbeda apabila anda menggunakan material berbahan lain seperti kayu yang dapat luluh lantak apabila terkena api dalam hitungan menit bahkan detik. Selain itu, baja juga tahan terhadap goncangan sehingga tidak mudah retak dan tahan apabila terjadi gempa.

4. Efisiensi Biaya
Dengan menggunakan baja sebagai konstruksi perumahan, anda dapat melakukan efisiensi dalam hal waktu pengiriman, waktu pengerjaan dan lain sebagainya. Selain itu, baja juga bertahan dalam waktu yang lama dan tidak perlu melakukan perawatan berat secara berkala. Jadi anda hanya perlu menganggarkan dana yang agak besar di awal, namun pengeluaran dapat ditekan dalam tahun-tahun kedepan. Baja juga memiliki banyak variasi spesifikasi, misalnya diameter dan berat besi beton.

5. Hemat Tempat
Alasan mengapa penggunaan besi baja cocok digunakan untuk konstruksi perumahan adalah karena dengan menggunakan baja anda bisa menghemat tempat. Baja dengan ukuran yang kecil dapat memiliki kekuatan setara dengan material kayu berukuran besar. Oleh karena itu, anda bisa menghemat tempat dan menggunakan sisa tempat untuk kebutuhan lainnya. Jadi itulah kelima keunggulan dan alasan mengapa besi baja cocok digunakan untuk konstruksi perumahan. Semoga artikel ini dapat memberi informasi tambahan bagi anda sebelum memutuskan memilih material konstruksi untuk perumahan anda.

Post a Comment for "5 Alasan Mengapa Besi Baja Cocok untuk Konstruksi Perumahan"

SAFELINK