Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Pentingnya Ansuransi bagi Pekerja Konstruksi



Pekerja konstruksi adalah salah satu pekerjaan yang paling berbahaya. Oleh karena itu, asuransi bagi pekerja konstruksi sangat diperlukan untuk setiap proyek konstruksi. Asuransi konstruksi yang luas dapat memberikan perlindungan terhadap material, bahaya, bencana alam, pekerja, dan bisnis konstruksi itu sendiri. Namun, industri asuransi, dalam hubungannya dengan industri konstruksi, selalu mencari solusi untuk memahami setiap individu dan situasi unik dan memberikan pertanggungan terbaru. Ada banyak peluang bagi pemilik properti atau pengembang proyek untuk memenuhi persyaratan dengan menyediakan perusahaan asuransi untuk berpartisipasi dalam proses penawaran atau penawaran proyek mereka. Karena dengan adanya asuransi maka loyalitas perusahaan konstruksi meningkat.

Asuransi untuk pekerja konstruksi seringkali menjadi tanggung jawab pembangun yang baik dan dapat melindungi mereka dari kerusakan, kecelakaan atau kerusakan properti saat bekerja. Ada juga kemungkinan pekerja konstruksi dapat merusak material dan peralatan yang tidak dirawat dengan baik selama proses konstruksi atau renovasi.


Asuransi Pekerja Konstruksi

Polis asuransi konstruksi ini terbayar sampai batasnya, tetapi berapa biayanya? Batas harus secara akurat mencerminkan total biaya struktur yang telah selesai (semua biaya material dan tenaga kerja, tetapi bukan biaya tanah). Perpanjangan akses dapat diberikan dalam keadaan tertentu dan dalam keadaan tertentu. Pengecualian penting yang perlu dibaca sepenuhnya tidak termasuk cakupan kesalahan: desain, perencanaan, operasi, dan material.

Manfaat asuransi dalam industri konstruksi sangat luas. Hal ini karena industri konstruksi berfokus pada kontraktor, subkontraktor dan pekerja untuk mengirimkan produk akhir kepada pelanggan. Produk tersebut dapat mencakup membangun struktur gedung baru, memperbaiki struktur yang ada, atau membangun jalan atau trotoar baru untuk pejalan kaki atau kendaraan. Pada saat ada banyak permainan yang dimainkan selama proyek, hal-hal yang mungkin salah dan asuransi industri konstruksi akan bekerja.

Seorang karyawan yang membawa tumpukan kayu mungkin mengalami kecelakaan di tempat kerja, misalnya dengan tidak sengaja menabrak jendela dengan sepotong kayu, menyebabkan kaca pecah. Awak lain mungkin melakukan kesalahan karena berhati-hati. Ada risiko cedera pribadi karena karyawan mereka membawa senjata dan peralatan berat. Ada banyak potensi bahaya dalam konstruksi.

Sebagai kontraktor, Anda bertanggung jawab secara finansial atas segala kerusakan di tempat kerja, properti klien, atau lokasi konstruksi. Untuk alasan ini, kita harus memiliki asuransi kewajiban kontraktor sebelum memulai proyek dan mencapai lokasi proyek baru.

Industri memegang peranan penting dalam pembangunan Indonesia. Terutama proyek konstruksi. Sektor jasa konstruksi mempekerjakan sejumlah besar karyawan. Oleh karena itu, penyedia jasa konstruksi perlu mempertahankan tenaga kerja ini untuk keberlangsungan proyek. Asuransi sangat penting bagi pekerja konstruksi karena risiko kerja yang tinggi. Pikirkanlah: Jika terjadi kecelakaan, kontraktor akan kesulitan. Dengan pekerja konstruksi yang diasuransikan, ada risiko setidaknya satu pemindahan dari pekerja konstruksi ke perusahaan asuransi. Tetapi apakah banyak pekerja konstruksi yang dilindungi sekarang? Padahal, tidak semua pekerja konstruksi mendapat asuransi dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan jasa konstruksi perlu menyadari pentingnya asuransi pekerja konstruksi. Jadi pada poin ini kita akan berbicara tentang pentingnya asuransi pekerja konstruksi, berbagai jenis asuransi untuk pekerja konstruksi dan bagaimana memilih asuransi pekerja konstruksi untuk perusahaan.


Pentingnya asuransi pekerja konstruksi

Pentingnya asuransi pekerja konstruksi harus dipahami sepenuhnya oleh kontraktor. Tentunya hal ini sudah diatur dalam undang-undang dan perusahaan wajib memberikan asuransi. Undang-undang menetapkan bahwa perusahaan harus mendaftarkan karyawannya untuk mendapatkan asuransi. Dalam hal ini tentunya perusahaan jasa konstruksi. Apalagi pekerjaan yang dilakukan di sektor konstruksi sangat berisiko. Tentunya penyedia jasa konstruksi perlu didukung oleh tenaga kerja yang handal untuk dapat membangun struktur seperti gedung-gedung tinggi. Sementara itu, di pihak staf, mereka perlu merasa aman dan tenteram untuk bekerja di lingkungan yang stabil dan nyaman karena mereka memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan.

Asuransi pekerja konstruksi menjadi acuan bagi kedua belah pihak, pengusaha dan karyawan. Misalnya, ketika bekerja di bidang jasa konstruksi, perusahaan menarik lebih banyak peminat jika termasuk asuransi. Di sisi lain, pencari kerja ingin mencari pekerjaan terbaik. Selain melihat upah, mereka juga sering membutuhkan asuransi. Oleh karena itu, pentingnya asuransi pekerja konstruksi harus dipahami oleh penyedia jasa konstruksi. Manfaat asuransi pekerja konstruksi meliputi:


Pencegahan cedera bagi karyawan

Setiap pekerjaan dalam konstruksi menimbulkan bahaya yang berbeda. Tidak hanya untuk kontraktor tetapi juga untuk karyawan mereka. Tidak peduli seberapa hati-hati kita, kecelakaan bisa terjadi. Salah satu perlindungan umum yang dapat ditemukan adalah perlindungan dari bahaya. Seperti yang Anda ketahui, pekerja konstruksi memiliki risiko kerja yang sangat tinggi dan berbahaya. Misalnya, di tempat tinggi, di gedung, di menara listrik, menggunakan alat berat, ada risiko cedera. Perusahaan jasa konstruksi memahami pentingnya asuransi pekerja konstruksi dan dapat mengcover kecelakaan kerja.


Perlindungan Dana Pensiun

Pensiun untuk pekerja konstruksi sangat jarang. Karena kebanyakan dari mereka hanya pekerja kontrak. Namun, dengan adanya asuransi pekerja konstruksi ini, karyawan dapat pensiun jika keluar dari perusahaan jasa konstruksi ini dan aturan berlaku di dalam perusahaan. Jika kita tersinggung oleh perusahaan, dana pensiun ini mungkin tersedia, tentu saja, dalam keadaan tertentu atau selama masa pensiun. Usia pensiun juga tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.


Perlindungan manfaat kematian

Untuk karyawan yang terdaftar di perusahaan asuransi, jika terjadi kematian, Anda akan menerima santunan asuransi. Sekalipun bukan karena kecelakaan kerja, pekerja yang meninggal tetap dapat menerima santunan kematian. Kecuali penyebab kematiannya adalah pelanggaran hukum, ya.


Untuk perlindungan properti perusahaan

Bagi perusahaan yang mengasuransikan pekerja konstruksinya, berarti melindungi aset perusahaan. Misalnya, jika terjadi kecelakaan kerja di lokasi konstruksi, perusahaan asuransi membayar kompensasi, bukan kepada perusahaan, tetapi kepada karyawan dengan segera. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena semuanya sudah diasuransikan.


Menarik karyawan masa depan

Memiliki asuransi membuat calon karyawan yang bekerja di perusahaan jasa konstruksi semakin menarik. Sekarang calon pekerja memahami pentingnya asuransi pekerja konstruksi suatu hari nanti. Jadi ada baiknya ada perusahaan yang menyediakan asuransi untuk pekerja konstruksi.

Bahwa asuransi pekerja konstruksi penting bagi pekerja dan perusahaan. Sekarang jenis asuransi apa yang terbaik untuk pekerja konstruksi? Salah satu acuannya adalah BPJS Ketenagakerjaan. BPJS ini melindungi dari bahaya kerja. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 44/2015 akan memberikan jasa konstruksi untuk pelaksanaan program asuransi kecelakaan dan kontrak darurat dan kontrak darurat di bidang usaha jasa konstruksi. Perusahaan wajib mengasuransikan seluruh karyawannya dalam Program Keselamatan dan Keamanan Kerja Kematian kepada BPJS. Namun perlindungan ini hanya berlaku untuk kecelakaan pada jam kerja dan hari kerja.


BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan mengharapkan semua proyek, besar atau kecil, yang tidak mendaftarkan pegawainya ke BPJS Ketenagakerjaan, segera didaftarkan. Jika ada kontrak kerja antara desa dan pemilik proyek, berapa pun biaya proyek, harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Untuk asuransi BUMN, asuransinya sangat sederhana, yakni 0,24% dari nilai 0-100 juta. Ini akan memakan biaya lebih dari itu. Dengan demikian, semua manfaat bahaya dan kematian bagi pekerja konstruksi selama pelaksanaan proyek ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.


Bagi pengusaha jasa konstruksi yang mengerjakan APBD, dana internasional, APBD dan proyek swasta harus segera mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan. 

Post a Comment for "Pentingnya Ansuransi bagi Pekerja Konstruksi"

SAFELINK