Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan yang perlu anda ketahui

Bisa dibilang atap baja ringan banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah modern. Hal ini dikarenakan baja ringan diyakini lebih menguntungkan dalam banyak hal dibandingkan dengan atap kayu, namun bukan berarti atap baja ringan tidak memiliki masalah.


Jika ingin membangun rumah baja lunak, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan cara ini bisa sangat memahami konstruksi rumah Anda. Ayo masuk, lihat dan nikmati sendiri!


Keuntungan dari atap baja ringan

1. Anti karat dan anti tungau

Tidak seperti atap kayu, logam ringan memiliki kemampuan menahan rayap. Tidak hanya itu, logam lunak juga terbuat dari baja tahan karat. Dengan begitu, perawatan akan lebih mudah.

2. Lebih murah dari kayu

Harga kayu berfluktuasi drastis dari waktu ke waktu, logam lunak masih mudah ditemukan, sehingga harganya tidak berfluktuasi. Logam lunak pasti lebih murah dibandingkan dengan atap kayu.

3. Proses pemasangan yang mudah dan murah

Demikian pula, bingkai logam sederhana mudah dipasang saat dipasang, kenyamanan ini memengaruhi kecepatan dan biaya tenaga kerja. Karena sederhana, prosesnya bisa selesai dalam waktu singkat, otomatis harga akan lebih murah.

4. Memiliki sifat dinamis

Selain bahan kayu, logam lunak sering dibandingkan dengan baja konvensional. Dalam hal fleksibilitas, baja ringan lebih fleksibel daripada baja konvensional. Sebagai hasil dari perilaku variabel ini, logam ringan dapat menyerap energi dalam jumlah besar.

5. Kekuatan jangka panjang

Baja ringan sangat tahan lama dan tidak mudah rusak. Selain itu, meskipun lebih fleksibel dari baja konvensional, baja lunak masih lebih kuat untuk menahan stabilitas bangunan dibandingkan dengan kayu.


6. Karena bahan ramah lingkungan dapat digunakan kembali

Jika suatu saat ingin membongkar atap baja ringan jangan langsung dibuang, bahan logam masih bisa digunakan untuk membuat konstruksi bangunan tambahan. Karena sifatnya yang dapat digunakan kembali, penggunaan rangka logam sederhana sering digaungkan oleh program pemerintah. Dalam upaya menjaga lingkungan, material kayu harus diganti dengan baja ringan karena karakteristik tersebut.


Kelemahan atap logam ringan

1. Kurang fleksibel untuk profil rumah tertentu

Dibandingkan dengan kayu, baja ringan memiliki ketahanan korosi yang lebih rendah. Kayu memiliki kelenturan yang tinggi sehingga disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Atap metal sederhana ini akan sulit diterapkan di dalam rumah Ada banyak profil rumah yang sulit dikerjakan dengan baja ringan.

2. Mudah dibawa angin

Setiap potongan logam ringan biasanya disambung menggunakan sekrup, ini merupakan kelemahan dari logam ringan. Saat ada angin kencang, sambungan bisa putus dan angin bisa bertiup. Oleh karena itu, baja ringan tidak cocok digunakan untuk konstruksi rumah di daerah dengan angin kencang.

3. Mengurangi harga

Keindahan baja ringan tergantung pada atapnya, dan jika penutup atapnya berat, kepadatan konstruksi atapnya akan lebih kuat, yang seringkali akan mengurangi keindahan bangunan.

4. Proses pembuatannya tidak ramah lingkungan

Dari sudut pandang berkelanjutan, logam ringan dapat mencemari lingkungan, tidak seperti kayu, yang ramah lingkungan.

5. Jika Anda melakukan perhitungan yang salah, itu dapat menyebabkan kematian

Benda logam sederhana memiliki struktur jaringan, jadi semuanya harus dipertimbangkan dengan cermat. Jika salah perhitungan, atap built-in tidak memenuhi persyaratan keselamatan, dan akhirnya, suka atau tidak suka, semuanya harus diulang dari awal.

6. Terkena angin

Memang, logam lunak cenderung bertahan lebih lama dan lebih lama dari bahan atap lainnya. Untuk itu, hindari penggunaan atap jenis ini jika Teman 88 sering berada di daerah dengan angin kencang.


Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan atap baja ringan, pahami dulu kelebihan dan kekurangannya. Pertimbangkan juga biaya atap baja ringan yang pasti akan mempengaruhi anggaran Anda. Semoga artikel di atas bisa membantu.

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan yang perlu anda ketahui"