Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Beton pracetak dan prategang

 

beton pracetak dan prategang

Pendahuluan

Beton pracetak dan prategang adalah bahan bangunan yang terdiri dari beton yang telah dicetak dalam cetakan di fasilitas manufaktur, kemudian diangkut ke lokasi tempat pemasangannya. Beton pracetak / prategang digunakan dalam proyek konstruksi perumahan dan komersial serta fasilitas industri. Bahan ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan metode konstruksi pasangan bata tradisional, termasuk biaya pemasangan yang lebih rendah dan waktu konstruksi yang lebih cepat.

beton pracetak dan prategang

Bagian: Beton pracetak

Beton pracetak adalah beton yang dicetak dalam cetakan, kemudian diawetkan dan dikeraskan sebelum dipindahkan ke lokasi konstruksi. Beton pracetak dapat digunakan untuk dinding, pelat, kolom, balok dan struktur lainnya.

Beton pracetak juga disebut konstruksi modular. Konstruksi modular menggunakan bagian-bagian yang diproduksi di pabrik (bagian prefabrikasi) yang dirakit di lokasi oleh kontraktor atau pemilik-pembangun dengan tenaga kerja minimal dengan kecepatan hingga 15 kali lebih cepat daripada metode konvensional. Ini mengurangi limbah di lokasi kerja dengan mengurangi waktu fabrikasi lapangan; sering kali meningkatkan kontrol kualitas karena lebih sedikit pekerjaan finishing lapangan; dan mengurangi biaya tenaga kerja karena sebagian besar dilakukan dalam kondisi terkendali di pabrik di luar lokasi alih-alih di luar ruangan di atas tanah yang tidak rata atau medan bersalju di mana mungkin hanya ada sedikit pekerja yang tersedia pada waktu tertentu selama kondisi cuaca buruk seperti angin topan atau badai salju (atau bahkan kekurangannya).

Bagian: Beton prategang

Beton pracetak dibuat dengan menuangkan beton ke dalam cetakan dan membiarkannya mengeras. Beton prategang mirip dengan pracetak, kecuali bahwa kawat baja atau kabel ditambahkan di dalam beton sebelum mengeras. Hal ini menciptakan kekuatan tarik tambahan pada produk jadi yang membuatnya jauh lebih kuat daripada beton biasa atau bahkan pracetak. Beton prategang sering digunakan untuk keperluan struktural seperti balok dan jembatan karena kekuatan ekstra memungkinkan lebih sedikit bahan yang digunakan sementara masih memiliki kemampuan menahan beban yang sama.

Beton prategang pracetak dapat dibuat lebih kuat dengan meregangkannya setelah pengerasan, tetapi proses ini membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga kerja daripada hanya menambahkan kabel sebelumnya. Opsi yang Anda pilih akan tergantung pada kebutuhan proyek Anda (berapa banyak beban yang perlu didukung), anggaran (berapa banyak sumber daya yang Anda miliki), dan kendala lokasi (jika ruang terbatas).

Bagian: Sejarah

Beton pracetak, beton prategang, konstruksi komposit dan beton struktural semuanya memiliki sejarah yang mencapai lebih dari 100 tahun. Untuk beton pracetak, penggunaan pertama bahan ini adalah pada tahun 1851 oleh Perusahaan Beton Prategang London yang menggunakannya untuk pekerjaan dekoratif di Jembatan Chelsea.[1] Pada tahun 1887 Arthur Wightman mematenkan metode pembuatan produk pracetak dengan menggunakan udara bertekanan tinggi di antara lapisan pasir untuk membentuk unit yang saling mengunci.[2] Hal ini menyebabkan penggunaan dinding berongga[3] yang meluas pada bangunan.

Pengembangan dan pengenalan Beton Prategang oleh Freyssinet di L'Exposition Internationale des Arts et Techniques dans la Vie Moderne (Paris 1931) telah dianggap sebagai tonggak sejarah dalam teknik konstruksi.[4] Karyanya meletakkan banyak prinsip untuk membuat struktur yang stabil yang masih diikuti sampai sekarang saat merancang struktur baru atau merenovasi struktur yang sudah ada.

Bagian: Aplikasi arsitektur

Beton pracetak digunakan dalam konstruksi banyak bangunan, termasuk jembatan, bendungan dan kanal. Beton pracetak juga menjadi pilihan populer untuk aplikasi arsitektur seperti balkon, tangga dan dinding. Salah satu kegunaannya yang paling umum adalah untuk membangun fondasi.

Bagian: Pabrik dan teknologi manufaktur

Pabrik atau fasilitas manufaktur, adalah tempat beton dicampur dan dituangkan ke dalam bentuk. Fasilitas manufaktur mencakup semua peralatan yang diperlukan untuk membuat beton bekerja secara maksimal.

Alasan utama penggunaan beton pracetak dan prategang dalam proyek konstruksi adalah kecepatan pemasangannya, dibandingkan dengan metode site-cast tradisional.

Ini berarti bahwa Anda membutuhkan kru yang lebih kecil di lokasi untuk melakukan pekerjaan karena mereka tidak perlu menunggu beton dalam jumlah besar mengering sebelum mereka dapat menyelesaikan pemasangan balok atau pelat lantai.

Bagian: Inspeksi dan kontrol kualitas selama fase manufaktur

  • Pemeriksaan desain campuran beton

Inspektur kendali mutu akan memeriksa desain campuran, memastikan bahwa campuran tersebut sesuai dengan peraturan keselamatan dan bahwa semua bahan ada dalam jumlah yang cukup. Ia juga akan memastikan bahwa proporsi semen, pasir, kerikil dan air yang tepat telah digunakan.

  • Pemeriksaan tulangan baja

Tulangan baja adalah salah satu komponen terpenting dalam konstruksi beton pracetak. Tulangan baja memberikan kekuatan pada struktur dengan menyatukan pasta semen (paste de ciment) dan partikel agregat keras (pierres dure). Inspektur memeriksa jumlah dan ukuran batang yang digunakan di setiap bagian serta posisinya relatif terhadap elemen lain seperti balok dan kolom. Jika ditemukan masalah, penyesuaian dapat dilakukan sebelum pengecoran dimulai, sehingga tidak ada penundaan di kemudian hari ketika keadaan menjadi sibuk di lokasi!

  • Inspeksi selama pengecoran/finishing

Bagian: Transportasi dan pemasangan member beton pracetak dan prategang

Beton pracetak dan prategang diangkut dengan peralatan khusus yang dibuat khusus. Sebagian besar jembatan beton pracetak/prategang dibuat di pabrik, kemudian diangkut dengan truk ke lokasi akhir. Untuk proyek-proyek yang lebih kecil, Anda mungkin dapat mengangkut sendiri member dengan kendaraan Anda sendiri.

Anda harus berhati-hati saat memasang member beton pracetak / prategang agar sejajar dan diposisikan dengan benar sehingga dapat menahan gaya yang ditempatkan pada mereka.

Bagian: Panel Dinding Beton Pracetak

Panel dinding beton pracetak digunakan untuk dinding eksterior dan interior. Panel dinding beton pracetak memberikan alternatif praktis untuk konstruksi pasangan bata tradisional. Dinding dapat dibangun dalam waktu yang lebih singkat, lebih mudah dipasang dan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam pilihan desain daripada batu bata atau batu.

Ada banyak jenis dinding beton pracetak yang tersedia yang meliputi:

  • Panel Washed Concrete - Panel-panel ini memiliki hasil akhir yang halus dengan permukaan bertekstur ringan yang sering lebih disukai daripada finishing lainnya tetapi dapat digunakan pada aplikasi interior dan eksterior. Opsi ini memiliki keuntungan karena perawatannya rendah karena tidak memerlukan pengecatan atau pewarnaan; namun, tidak menawarkan manfaat isolasi seperti jenis panel lainnya (yaitu, Fiber Cement).

  • Fiber Cement Siding - Panel-panel ini memiliki permukaan fiberglass yang tahan lama yang tahan retak akibat paparan cuaca sehingga ideal untuk area yang terpapar angin kencang seperti daerah pesisir atau daerah rawan badai di mana berpihak kayu sering gagal karena pembusukan.berpihak berbasis kayu sering gagal karena pembusukan yang disebabkan oleh serangga atau infiltrasi kelembaban ke dalam balok kayu yang mendukung bahan berpihak tersebut yang menyebabkan mereka turun akhirnya menyebabkan kerusakan selama angin kencang karena mereka tidak dapat menahan kekuatan yang diberikan terhadap mereka oleh hembusan kuat yang datang dari gelombang laut yang menabrak garis pantai di mana mereka dapat runtuh karena mereka terlalu lemah secara struktural sehingga menyebabkan kerusakan yang signifikan setiap kali terjadi peristiwa seperti ini terjadi lagi di beberapa titik di sepanjang garis pantai di seluruh dunia sehingga kita membutuhkan sesuatu yang lebih baik daripada kayu karena tidak ada yang lebih baik dari serat semen -kekuatan daya tahan yang lebih baik daya tahan dll.

Beton pracetak/prategang adalah bahan konstruksi yang secara arsitektural menyenangkan yang juga memiliki banyak fungsi untuk bangunan.

Beton pracetak/precast/prestressed adalah bahan konstruksi arsitektural yang juga memiliki banyak fungsi untuk bangunan.

Beton precast/precast/prestressed digunakan untuk berbagai aplikasi arsitektur yang berbeda karena kekuatan dan daya tahannya. Ini adalah pilihan ideal ketika Anda menginginkan produk yang tahan lama dan tahan lama yang akan bertahan melalui ujian waktu. Karena struktur beton pracetak dapat dipasang dengan cepat, mereka sering digunakan dalam pengaturan komersial di mana kecepatan itu penting-seperti hotel, pusat perbelanjaan, bandara, dan banyak lagi!

Penutup

Saya harap informasi ini bermanfaat bagi Anda! Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang beton pracetak / prategang, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Post a Comment for "Beton pracetak dan prategang"

SAFELINK