Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Konstruksi baja ringan untuk rumah

 

konstruksi baja ringan untuk rumah

Pendahuluan

Baja adalah salah satu bahan yang paling ramah lingkungan untuk digunakan saat membangun rumah. Bahan ini juga sangat kuat dan tahan lama, sehingga dapat bertahan dalam kondisi cuaca buruk tanpa masalah. Rumah berbingkai baja dibangun menggunakan tiang dan balok baja yang menopang struktur rumah Anda. Tiang-tiang tersebut dihubungkan bersama dengan balok untuk membentuk rangka rumah Anda. Pondasi beton biasanya dituangkan terlebih dahulu sebelum pekerjaan lain dimulai pada pembingkaian untuk rumah yang terbuat dari kayu atau logam.



Bagian: Baja adalah bahan yang paling ramah lingkungan untuk digunakan saat membangun rumah.

Baja adalah bahan yang paling ramah lingkungan untuk digunakan saat membangun rumah. Baja didaur ulang, dapat didaur ulang dan tidak memerlukan banyak perawatan. Bahan ini kuat dan tahan lama, yang berarti akan bertahan lebih lama daripada bahan bangunan lain seperti kayu atau batu bata.

Efisiensi energi: Konstruksi baja telah terbukti menggunakan energi 20% lebih sedikit daripada metode konstruksi batu bata atau beton karena baja tidak menyerap panas seperti bahan lainnya. Sinar matahari melewati jendela kaca tanpa menghangatkan rumah Anda seperti yang terjadi pada dinding yang tidak terisolasi yang terbuat dari beton atau batu bata - menghemat uang Anda setiap bulan untuk tagihan pemanas Anda!

Bagian: Rumah berbingkai baja adalah metode konstruksi rumah tinggal yang menggunakan baja sebagai penopang struktur utama.

Rumah rangka baja adalah metode konstruksi hunian yang menggunakan baja sebagai penopang struktur utama. Konstruksi rangka baja digunakan untuk rumah, apartemen, dan bangunan lainnya.

Sistem rangka baja dapat diterapkan pada berbagai jenis konstruksi hunian, termasuk rumah berbingkai kayu atau bangunan apartemen.

Rangka baja adalah cara yang cepat dan efisien untuk membangun rumah karena menggunakan lebih sedikit bahan daripada metode rangka kayu tradisional.

Bagian: Mengapa menggunakan rangka baja?

Baja adalah bahan yang sangat kuat. Baja juga merupakan bahan yang sangat ringan dan Anda dapat membangunnya dengan menggunakan berbagai metode bangunan yang berbeda. Ada banyak keuntungan menggunakan baja di rumah Anda.

Baja kuat karena tidak bengkok di bawah tekanan seperti kayu, yang berarti Anda dapat mendesain struktur dengan fleksibilitas yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini membuat rumah lebih aman karena tidak akan mudah runtuh di bawah tekanan gempa bumi atau angin topan, tetapi masih memungkinkan fitur desain seperti ruang terbuka yang besar dan langit-langit yang tinggi tanpa mengorbankan keselamatan bagi pemilik rumah atau anggota keluarga mereka.

Baja juga sangat tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lain seperti beton atau kayu, yang berarti bahwa rumah Anda akan bertahan lebih lama daripada yang terbuat dari bahan lain selama peristiwa cuaca buruk seperti angin topan atau gempa bumi yang menyebabkan kerusakan karena kekuatannya (atau ketiadaan bahan tersebut). Ini berarti lebih sedikit perbaikan dari waktu ke waktu yang menghemat uang!

Baja juga memiliki manfaat lain: dapat didaur ulang! Jadi, jika ada sesuatu yang rusak di salah satu bagian rumah Anda, jangan khawatir; kami hanya akan mengganti apa pun yang perlu diganti sebagai gantinya :)

Bagian: Manfaat menggunakan konstruksi rangka baja ringan

Konstruksi rangka baja ringan cepat dan mudah, memberikan beberapa manfaat dibandingkan metode bangunan lainnya.

  • Konstruksi rangka baja ringan ramah lingkungan, karena membutuhkan lebih sedikit energi untuk membuat dan memasang daripada bahan lain seperti beton atau kayu.

  • Konstruksi rangka baja ringan lebih tahan lama daripada banyak bahan yang digunakan dalam metode konstruksi tradisional, dengan umur sekitar 50 tahun, bukan 25-35 untuk sebagian besar bangunan rangka kayu. Ini berarti Anda tidak perlu mengganti bangunan Anda dalam waktu dekat!

  • Bangunan rangka baja ringan cukup kuat untuk menahan gempa bumi besar seperti yang melanda California pada tahun 1906 atau Chili pada tahun 2010 tanpa runtuh (tidak seperti tempat tinggal bata tradisional). Bangunan ini juga tidak mudah terbakar saat terjadi kebakaran karena tidak ada bahan yang mudah terbakar di dalam struktur itu sendiri - hanya rangka kayu ringan di sekitar dinding eksterior setiap rumah yang dapat diganti setelah insiden terjadi daripada harus membangun kembali seluruh rumah atau apartemen sepenuhnya dari awal (seperti yang terjadi pada rumah-rumah tua yang dibangun sebelum kode kebakaran modern diterapkan).

  • Karena sangat ringan dibandingkan dengan struktur beton, terutama yang tinggi yang terbuat dari batu bata, membutuhkan berton-ton material, hanya satu item saja yang beratnya ratusan pon tergantung ukurannya - sehingga menghabiskan biaya ribuan bahkan jutaan dolar per orang per hari hanya untuk menunggu sampai selesai dibangun!

Bagian: Keuntungan dari Konstruksi Baja

  • Baja adalah bahan yang sangat kuat. Baja memiliki rasio kekuatan-terhadap-berat yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi struktural, seperti kolom dan balok.

  • Baja tahan lama, kuat dan tahan api. Dengan desain dan konstruksi yang tepat, bangunan baja dapat bertahan selama beberapa dekade tanpa menunjukkan banyak keausan pada permukaan eksterior struktur. Daya tahan ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang perbaikan yang mahal di jalan seperti yang Anda lakukan dengan sebagian besar bahan bangunan lainnya!

  • Ringan! Dibandingkan dengan bahan lain yang digunakan dalam konstruksi, baja memiliki berat yang hampir tidak ada apa-apanya - rumah hunian pada umumnya memiliki berat kurang dari 60 tahun yang lalu ketika kayu lebih umum digunakan dalam pembangunan rumah (antara 3/4 - 1 ton dibandingkan dengan rata-rata saat ini kurang dari 1 ton). Hal ini membuat penanganan lebih mudah selama pemasangan karena bahan yang dibutuhkan per kaki persegi lebih sedikit dibandingkan dengan metode bangunan lainnya; meskipun mungkin terlihat seperti tidak ada cukup ruang untuk segala sesuatu di dalam rumah baru Anda, bukan berarti tidak ada ruang yang tersisa di atas juga!

  • Aksesibilitas yang Mudah: Karena jenis material ini sangat ringan, tidak memerlukan mesin tugas berat seperti crane yang berarti tidak ada biaya tambahan yang terkait dengan menyewakannya jika diperlukan selama periode waktu konstruksi (yang dapat menghemat ratusan). Juga karena jenis rumah ini dibuat menggunakan potongan standar, mereka jauh lebih cepat daripada metode bangunan tradisional yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menunggu sebelum pindah ke bagian lain di lokasi - menghemat uang juga!

Bagian: Fabrikasi

Anda akan dapat membuat baja di garasi rumah Anda dengan beberapa perkakas tangan sederhana dan perkakas listrik kecil.

  • Potong: Baja dapat dipotong menggunakan berbagai metode, termasuk gergaji besi, gergaji bundar dan gergaji ukir. Anda juga dapat menggunakan pemotong plasma atau obor oxyacetylene (umumnya dikenal sebagai obor asetilena) untuk memotong bagian baja yang tebal.

  • Pengelasan: Dengan peralatan las dasar dan beberapa latihan, Anda dapat mengelas potongan-potongan baja menjadi satu bagian yang berkesinambungan. Aturan praktis yang baik adalah selalu menggunakan jenis batang yang tepat untuk aplikasi khusus Anda-Anda tidak ingin mengelas dengan sesuatu yang sekuat baja karbon tinggi ketika Anda mengejar paduan yang lebih ringan!

  • Merakit: Selain mudah dipotong, baja juga mudah dirakit karena sangat mudah dibentuk dan dimaafkan selama proses fabrikasi seperti pengelasan (lihat di atas). Satu-satunya kendala adalah bahwa Anda harus memastikan semua bagian sudah rata sebelum memberikan tekanan; jika tidak, mereka mungkin melengkung ke luar atau menjadi tidak merata tertekan di bawah beban dari waktu ke waktu (yang bisa menyebabkan mereka retak).

Bagian: Kemudahan Konstruksi

Baja adalah bahan yang dapat dipotong dan dilas, yang berarti mudah untuk dikerjakan. Baja juga dapat dibaut bersama menggunakan baut dan mur, yang memungkinkan untuk merakit struktur baja tanpa harus mengelas semuanya. Hal ini membuat konstruksi struktur baja jauh lebih sedikit padat karya daripada bahan bangunan lain seperti kayu, batu bata atau batu.

Baja juga mudah diangkut dari satu lokasi ke lokasi lain karena beratnya hanya sekitar setengah dari bahan konstruksi beton atau pasangan bata. Karena kolom baja lebih ringan daripada kolom beton, maka kolom baja memerlukan lebih sedikit tulangan (tulangan penguat) sehingga akan mengurangi berat pada setiap lantai dan mengurangi masalah struktural pada produk jadi.

Manfaat lain dari penggunaan baja untuk konstruksi perumahan adalah bahwa semua komponen sudah dibuat sebelumnya sebelum dikirim keluar untuk perakitan di lokasi di lokasi rumah Anda; ini berarti tidak akan ada pemborosan selama pemasangan karena semua komponen tiba siap untuk dirakit!

Bagian: Sifat Fisik

Baja adalah bahan yang kuat, tahan lama, dan dapat didaur ulang. Baja adalah konduktor panas dan listrik yang baik. Baja dapat dipotong, dibengkokkan dan dilas dengan mudah. Baja mudah dikerjakan dan merupakan pilihan yang baik untuk struktur besar seperti jembatan dan gedung pencakar langit.

Bagian: Daya Tahan/Kekuatan

Rangka baja juga sangat kuat dan dapat menahan angin kencang, gempa bumi dan bencana alam lainnya. Baja adalah isolator yang baik dan dapat menjaga rumah tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Baja juga tidak mudah terbakar - fitur keamanan penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat membangun dengan baja.

Bagian: Ketahanan Api

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana rumah berbingkai baja bisa sangat tahan api. Jawaban singkatnya adalah bahwa mereka lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar daripada jenis rumah lainnya, berkat kekuatan rangka baja.

Secara teknis, ada dua jenis kebakaran: api terbuka dan tersembunyi. Api api terbuka terjadi ketika bahan seperti kayu tetap terkena panas atau percikan api (pikirkan lilin atau api unggun). Penyalaan tersembunyi terjadi ketika sesuatu seperti isolasi atau kardus secara tidak sengaja terbakar.

Ketika berbicara tentang rumah berbingkai baja versus jenis konstruksi lainnya, rangka baja menang telak di kedua kategori! Baja tidak mudah terbakar dalam kondisi normal dan tidak dapat dengan mudah dinyalakan oleh sumber api terbuka - artinya jika Anda membangun rumah Anda dari bahan yang diperkuat baja maka Anda memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk kebakaran rumah yang tidak disengaja.

Selain itu, jika rumah Anda pernah terkena sumber api terbuka seperti perapian luar ruangan, maka rumah Anda mungkin masih dapat menahan panas karena dindingnya terbuat dari lembaran logam tebal daripada lembaran drywall tipis yang umum di banyak rumah yang dibangun dengan metode konstruksi rangka kayu tradisional."

Bagian: Kecepatan Konstruksi

Jika Anda membangun rumah khusus dan ingin prosesnya berjalan secepat mungkin, baja adalah pilihan yang sangat baik untuk struktur Anda. Baja mudah diangkut dan dapat dibuat sebelumnya di pabrik sebelum dikirim ke lokasi Anda. Selain itu, pekerja konstruksi dapat mendirikan struktur baja lebih cepat daripada rumah kerangka kayu tradisional dan bahan lain seperti batu bata atau balok beton.

Bagian: Biaya Pemeliharaan Lebih Rendah

Atap baja dan rangka baja adalah bahan hemat biaya yang akan bertahan lama, dan mudah dirawat.

Jika dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya, baja adalah pilihan yang lebih baik karena tahan lama dan dapat didaur ulang. Baja juga hemat energi karena tidak perlu diganti sesering bahan lain.

Baja terbuat dari bijih besi - sumber daya terbarukan yang dapat didaur ulang atau digunakan kembali.

Bagian: Peningkatan Kualitas Udara dan Kualitas Lingkungan Dalam Ruangan (IEQ) untuk Penghuni

Selain manfaat estetika rumah berbingkai baja, mereka juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Rangka baja memungkinkan kualitas udara dan kualitas lingkungan dalam ruangan yang lebih baik.

Hal ini disebabkan oleh kemampuannya untuk memberikan insulasi yang lebih baik dan tingkat kinerja termal yang lebih tinggi dibandingkan dengan framing kayu tradisional. Akibatnya, rumah berbingkai baja cenderung membutuhkan lebih sedikit energi untuk keperluan pemanasan atau pendinginan daripada jenis bahan konstruksi lain yang digunakan dalam proses pembangunan rumah. Selain melindungi penghuni dari elemen luar seperti hujan dan salju, ini juga berarti bahwa rumah Anda akan lebih nyaman di dalam selama bulan-bulan cuaca dingin dan hari-hari musim panas yang panas ketika suhu di luar naik.

Bagian: Efisiensi Sumber Daya

Rangka baja adalah bahan bangunan yang hemat sumber daya dan terbuat dari bijih besi daur ulang. Proses pembuatan baja menggunakan lebih sedikit energi, air, dan tanah daripada framing kayu. Ini juga menggunakan lebih sedikit bahan kimia dan menghasilkan lebih sedikit limbah.

Rangka baja menggunakan energi sekitar 70% lebih sedikit daripada rangka kayu dalam produksi bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatannya, yang berarti rumah Anda akan jauh lebih efisien untuk beroperasi setiap bulan.

Kesimpulan: Jauh lebih mudah membangun rumah dengan rangka baja.

Meskipun benar bahwa rumah berbingkai baja dapat dibangun lebih cepat daripada jenis konstruksi lainnya, keuntungan utamanya adalah daya tahannya. Baja lebih kuat dari kayu dan akan bertahan lebih lama. Konstruksi rangka baja juga lebih ramah lingkungan karena kayu mengeluarkan senyawa organik yang mudah menguap dan karbon monoksida selama proses pengeringan. Jika Anda ingin membangun rumah yang akan bertahan selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad, rangka baja adalah pilihan yang bagus!

Penutup

Konstruksi baja ringan adalah cara terbaik untuk membangun rumah.

Post a Comment for "Konstruksi baja ringan untuk rumah"

SAFELINK