Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Memasang Lembaran ACP Yang Telah Difabrikasi Pada Rangka Dudukan (Tahap 3)


Memasang Lembaran ACP tersebut pada Rangka Dudukan ACP yang ada, dengan tetap memperhatikan 3 hal berikut :

1.  Pemilihan Material yang berkualitas dan sempurna guna,
2.  Kekuatan Pemasangan,
3.  Kerapian Pemasangan.

Memasangnya adalah dengan Cara mengunci Bracket yang telah dipasang Lembaran ACP sebelumnya, pada Rangka Dudukan ACP (besi Hollow), memakai Sekrup (Pengunci) dengan dukungan Mesin Bor.

Material dan Peralatan yang diharapkan :

1.  Mesin Bor (C) untuk memasang Sekrup Pengunci,
2.  Mata Kunci Baut Hexagon (A) untuk memasang Sekrup tipe Kepala Sekrup Hexagon,
     (jika Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Hexagon)
3.  Mata Obeng Positif (B) untuk memasang Sekrup tipe Kepala Sekrup Lubang Positif.
     (
jika Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Lubang Positif)


4.  Sekrup Pengunci, untuk Mengunci Bracket yang telah dipasang Lembaran ACP pada Rangka Dudukan ACP (besi Hollow). Sebaiknya Sekrup ini terbuat dari Logam yang Keras dan tidak gampang berkarat (korosi), biar tahan terhadap Cuaca, Hujan, Panas, dan sebagainya



Pada Gambar diatas terlihat 3 jenis Sekrup, adalah Sekrup tipe (D) (Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Hexagon), (E) (Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Lubang Positif), dan (F).

Gunakan Sekrup tipe (D) atau tipe (E) untuk menyatukan Bracket Lembaran ACP pada Rangka Dudukan Besi Hollow. Sebaiknya jangan memakai Sekrup tipe (F). Mengapa saya menyarankan Hal ini..? Alasannya akan saya paparkan pada Tulisan berikutnya.

Tahapan Memasang Lembaran ACP pada Rangka Hollow :

1.  Tentukan dan sediakan terlebih dahulu Sekrup Pengunci yang akan dipakai untuk menyatukan Bracket Lembaran ACP pada Rangka Dudukan-nya. Misalnya disini kita memakai Sekrup tipe (E), ibarat Gambar diatas.

2.  Persiapkan Mesin Bor dan Mata Obeng Positif untuk memasang Sekrup Pengunci tipe (E) tersebut. Lalu pasang Mata Obeng Positif (B) pada Mesin Bor (C), kunci dengan berpengaruh memakai Kunci Penjepit (G) yang telah disediakan pada ketika pembelian Mesin Bor.


3.  Lakukan Pemasangan Lembaran ACP pada Rangka Dudukan memakai Sekrup Pengunci, dengan dukungan Mesin Bor dan Mata Obeng Positif, ibarat 2 buah Gambar dibawah ini.

(Pemasangan Sekrup dan Mata Obeng Positif pada Mesin Bor)


(Penguncian Lembaran ACP pada Rangka Dudukan memakai Sekrup)

4.  Lakukan Penguncian pada ke-8 Bracket yang ada, ibarat Gambar dibawah ini.

(1 Lembar ACP telah simpulan terpasang pada Rangka Dudukan besi Hollow)

5.  Lakukan Pemasangan Lembaran ACP pada lembaran-lembaran berikutnya, hingga semua Rangka Dudukan terpasang oleh Lembaran ACP tersebut. Seperti Gambar dibawah ini.



6.  Setelah semua Rangka Dudukan terpasang oleh Lembaran ACP, maka selesai-lah Proses Pemasangan Lembaran ACP ini. Semoga goresan pena ini berguna..

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Memasang Lembaran ACP Yang Telah Difabrikasi Pada Rangka Dudukan (Tahap 3) yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Fabrikasi Lembaran ACP (Tahap 2) dapat dilihat DISINI.

1 comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Memasang Lembaran ACP Yang Telah Difabrikasi Pada Rangka Dudukan (Tahap 3)"