Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Pasang Rangka Dudukan ACP (Tahap 1)


Seperti yang telah saya bahas pada Artikel sebelumnya pada Artikel "Alumanium Composit Panel (ACP) - Defenisi Fungsi dan Manfaat", berbagai brand produk ACP yang beredar di Indonesia, menyerupai Alucobond, Seven, Good Sense, Maco, Alustar, Alumebond, Alumetal, Goldstar, Alumetalec, Alcopla, Luminate, dan sebagainya. Ada yang produksi Dalam Negeri, ada juga produksi Luar Negeri.

Pemasangan Product ini sanggup dilakukan pada Dinding, Plafon, Partisi, Furniture, dan sebagainya. Bisa dikerjakan pada Gedung Perkantoran, Hotel, Bank, Rumah Sakit, Mall, Ruko, Pusat Perbelanjaan, SPBU, maupun Rumah Pribadi.

Secara Umum, tahapan memasang ACP ini sanggup dibagi atas 4, yaitu :

1.  Pemasangan Konstruksi Rangka dudukan Alumanium Composit Panel (ACP) pada bangunan.
2.  Fabrikasi Lembaran ACP.
3.  Pemasangan Lembaran ACP (yang telah difabrikasi) pada Konstruksi Rangka Dudukan.
4.  Pemberian Sealant pada sela Lembaran ACP dan Pembersihan.

Pada kesempatan ini saya akan membahas Bagian Pertama terlebih dahulu, yaitu Pemasangan Konstruksi Rangka dudukan Alumanium Composit Panel (ACP) pada bangunan. Dengan Asumsi pemasangan dilakukan pada Dinding Bangunan pada penggalan Luar (yaitu penggalan yang terkena Panas Matahari dan Air Hujan).

Cara Pasang Rangka ACP ialah sebagai berikut :

a.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding yang terbuat dari pasangan Batubata, maka Dinding Batubata tersebut harus diplester terlebih dahulu. Minimal diplester tanpa Aci, atau sanggup juga di-aci. Supaya Konstruksi Rangka ini tetap Kuat Mengikat ketika menahan Beban Rangka itu sendiri dan Beban ACP nantinya, serta Tahan Lama.


b.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding Beton atau Beton Bertulang, maka dinding tersebut tidak perlu diplester lagi, silahkan eksklusif dipasang.

c.  Rangka Dudukan ACP, sebaiknya memakai material Metal atau Logam yang berkualitas baik, sehingga tidak gampang Korosi (berkarat) dan tidak gampang rusak akhir korosi tersebut.
Seperti Gambar dibawah ini : A ialah Alumanium, dan B ialah Besi Hollow yang di-Cat (dengan ketebalan material Logam yang memadai untuk menahan Beban Sendiri Rangka tersebut dan ACP yang akan dipasang pada Rangka tersebut.


Dalam hal ini, sebaiknya tidak memakai materi menyerupai Rangka Furring Gypsum Galvanis. Karena materi ini tidak tahan terhadap Cuaca, Panas Matahari, Air Hujan, dan Kelembaban, sehingga sangat gampang Korosi (berkarat). Korosi ini akan cepat sekali merusak Furring tersebut. Seperti Gambar dibawah ini.
(Keterangan : Furring Galvanis hanya cocok dipakai untuk didalam bangunan).


d.  Lakukan Marking pada Dinding Batubata (dalam hal ini, Contoh Pemasangan dilakukan pada Dinding Batubata yang telah diplester). Jarak Horizontal-nya kita misalkan 60cm dan Jarak Vertikal-nya juga 60cm. Seperti Gambar dibawah ini.


e.  Lakukan Pemasangan Rangka Dudukan ACP, pola disini memakai Besi Hollow 40x40.

Pemasangan Besi Hollow ini sanggup dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

     1.  Satu-persatu Besi Hollow (yang telah dipasang Bracket) eksklusif dikunci pada dinding tersebut
          memakai Dynabolt, caranya sanggup dilihat Disini. Besi Hollow lainnya sanggup di-join dengan
          sistem Pengelasan hingga semua terpasang. Seperti sanggup dilihat pada kedua Gambar dibawah ini.
 

     2.  Bisa juga semua Besi Hollow difabrikasi terlebih dahulu (dengan sistem Pengelasan), dan
          dipasang Bracket pada tempat-tempat tertentu. Kemudian sekaligus dipasang pada Dinding tersebut.
          Seperti Gambar dibawah ini.



f.  Setelah semua Besi Hollow terpasang, lakukan Pengecekan Ulang terhadap kekuatan pasangan Dynabolt dan Pengelasan. Hal ini diharapkan untuk memastikan Kekuatan Rangka Dudukan tersebut sebelum Alumanium Composit Panel (ACP) dipasang pada Rangka tersebut.

g.  Pemasangan selesai.

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Pasang Rangka Dudukan ACP (Tahap 1) yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Aluminium Composite Panel (ACP) - Defenisi Fungsi Dan Manfaat dapat dilihat DISINI.

1 comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Pasang Rangka Dudukan ACP (Tahap 1)"

  1. Great Information sharing .. I am very happy to read this article .. thanks for giving us go through info.Fantastic nice. I appreciate this post. Aluminium ramen en deuren

    ReplyDelete