Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips / Cara Memasang Keramik Lantai 40x40, Untuk Kamar Mandi yang Mudah dan Dapat Anda Lakukan

8 Tips / Cara Memasang Keramik Lantai 40x40, Untuk Kamar Mandi yang Mudah dan Dapat Anda Lakukan

Pada dasarnya cara memasang keramik lantai 40x40, terutama untuk lantai dan dinding kamar mandi, tidak terlalu sulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik, dalam rangka memasang lantai keramik dengan baik dan tepat. Mengetahui dan mempraktekkan ulasan seperti ini, sedikit banyak membuat Anda jadi lebih hemat untuk menyewa tukang bangunan.  

10 Tips / Cara Memasang Keramik Lantai 40x40, Untuk Kamar Mandi yang Mudah dan Dapat Anda Lakukan



1. Perhatikan jenis dan kualitas keramik
Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mulai memasang keramik, adalah memperhatikan jenis dan kualitas lantai keramik kamar mandi itu sendiri.
Jenis keramik yang dimaksud kali ini adalah, jenis lantai keramik yang umum digunakan untuk kamar mandi. Atau bisa juga menggunakan batuan alam, untuk lantai kamar mandi. Dalam memilih desain dan jenis keramik tersebut, sebaiknya disesuaikan dengan desain atau konsep dari kamar mandi itu sendiri. Untuk kamar mandi minimalis, sebaiknya pilih lantai keramik atau lantai batuan alam yang terilang minimalis.
Dalam memilih jenis dan desain keramik untuk kamar mandi, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dan harga lantai keramik itu sendiri. Apakah Anda akan membeli harga keramik batu alam 40x40 secara murah, dengan kualitas rendah, standar atau bahkan terbaik. Semua hal tersebut, akan kembali berdasarkan budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

2. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Jika sudah menentukan bahan lantai keramik yang akan digunakan. Maka berikutnya, Anda harus mulai mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk memasang lantai kamar mandi batu alam atau juga bahan keramik lainya.
Adapun alat dan bahan yang sebaiknya digunakan, tidak terlalu banyak, mulai dari keramik itu sendiri, papan applicator, dan juga nat keramik. Tidak ada salahnya jika menanyakan pada pihak toko, apakah penjual tile spacer, sebagai alat penanda, sekaligus penghalang antara keramik satu dengan yang lainnya, ketika sedang dipasang.
Jangan lupa untuk menyiapkan benang berukuran tebal, meteran, dan juga pensil. Yang berguna untuk mengukur luas ruangan dan ukuran keramik itu sendiri.

3. Ukur luas lantai ruangan
Setelah alat dan bahan sudah dipersiapkan, maka cara memasang keramik lantai 40x40 yang pertama kali harus dilakukan, adalah memperhatikan dan mengukur luas lantai ruangan kamar mandi itu sendiri.
Sebenarnya tidak hanya lantai kamar mandi, Anda juga perlu mengukur dinding kamar mandi. Dalam hal ini, pilih juga desain dan pilih ukuran keramik dinding kamar mandi yang tepat serta harga keramik dinding batu alam, yang sesuai dengan budget, dan tema kamar mandi itu sendiri.
Dalam mengukur lantai dan dinding kamar mandi, sebaiknya gunakan meteran. Dalam hal ini, tarik meteran dari dinding 1 ke dinding lainnya. Baik itu dari atas ke bawah atau dari arah kiri ke kanan.
Kemudian berikan tanda, serta pastikan garis meteran tersebut akan bertemu pada satu titik, di bagian tengah ruangan. Jika sudah selesai, lalu tempelkan benang, dengan mengikuti garis meteran. Anda dapat menggunakan paku, untuk membentangkan benang, satu dengan yang lainnya. Sisa benang, dapat Anda gunting.   
Fungsi benang ini sendiri sangat penting, sebagai acuan garis, pada saat proses instalasi dilakukan. Saat ini lantai dan dinding kamar mandi Anda, akan terbagi jadi beberapa jarak yang sama.
Informasi seperti ini juga berguna untuk memprediksi secara tepat, total lantai keramik dan juga dinding keramik yang dibutuhkan. 

4. Coba pasang keramik tanpa semen
Sebelum Anda mulai memasang keramik lantai kamar mandi minimalis yang akan digunakan. Tidak ada salahnya, apabila Anda mencoba meletakkan keramik di lantai terlebih dahulu. Lakukan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh benang, dan jangan lupa untuk memasang tile spacer untuk memberikan jarak antar keramik. Adapun teknik selisih antara keramik yang ideal adalah sekitar 0,2 hingga sekitar 0,5 mm. Guna menghindari tabrakan satu dengan yang lain.  
Adapun dengan memasang keramik terlebih dahulu seperti ini, membuat Anda mengetahui, apakah ada lantai yang tidak dapat diaplikasikan keramik secara penuh.

5. Rendam keramik
Dalam memasang keramik kamar mandi minimalis modern, ada sebuah tahap penting, yang harus Anda lakukan, yaitu merendam keramik. Sebaiknya rendam keramik dalam wadah berisi air, fungsinya agar pori-pori keramik dapat menyerap air.
Selain itu, proses ini juga membuat keramik jadi lebih lentur, serta membuat air jadi mencegah keramik mudah lepas, ketika diaplikasikan ke lantai nantinya. Terutama pada saat peletakan menggunakan semen.

6. Mengoleskan air semen dan bersihkan
Selain menggunakan air biasa. Anda juga dapat mengoleskan air semen pada bahan lantai keramik, atau juga pada bahan granit kamar mandi kasar yang akan digunakan. Adapun bagian yang sebaiknya dibasahi tersebut, adalah bagian bawah bahan lantai keramik atau juga granit, dan bukan bagian atas.
Dalam hal ini, semen tersebut berfungsi sebagai bahan perekat, untuk membuat bagian bawah keramik, jadi lebih menempel, dengan bahan adukan lainnya. 
   
7. Mulai memasang keramik dan padatkan
Ini adalah tahap inti dari pemasangan lantai kamar mandi anti licin, yang akan Anda gunakan.
  • Pertama-tama aplikasikan semen pada bagian lantai, yang akan diletakkan bahan keramik. Oleskan semen secara tipis, di lantai, dan jangan lupa gunakan sarung tangan, agar tangan Anda tidak kotor.  
  • Sebaiknya gunakan applicator, untuk memasang keramik tersebut. Lalu pasang keramik dengan baik, dengan cara meletakkan bahan keramik di 1 area terlebih dahulu.
  • Sedikit tips untuk Anda, ketika akan memasang lantai atau dinding keramik, sebaiknya pastikan, bagian bawah dari lantai tersebut, sudah benar-benar bersih dari berbagai macam kotoran atau bahkan kerikil yang menempel. Menempelnya berbagai macam kotoran, termasuk kerikil di bagian bawah bahan lantai keramik tersebut, akan membuat bahan jadi tidak rata, ketika ditempelkan.
  • Pada saat menempelkan keramik, berikan sedikit tekanan. Ketika sebaris keramik sudah benar-benar tertempel. Berikutnya gunakan papan apapun, untuk memberikan tekanan, ke atas keramik, agar benar-benar merata. Teknik ini dilakukan agar keramik yang terpasang, mempunyai ketinggian yang sama.
  • Jika pemasangan lantai keramik sudah selesai di beberapa bagian, maka berikutnya adalah memasang sekat antara keramik atau tile spacer.
  • Apabila ada area yang tidak dapat terisi oleh keramik secara penuh. Maka sebaiknya potong keramik tersebut, sesuai dengan sisa lantai yang ada. Jika sudah maka letakkan keramik tersebut tepat di atas lantai, dan berikan tekanan seperti lantai lainnya.     
8. Oleskan nat keramik
Setelah proses penempelan keramik ke keseluruhan lantai, atau juga dinding selesai. Berikutnya diamkan hingga benar-benar kering. Umumnya, lama proses pengeringan keramik ke lantai tersebut tidak terlalu lama. Termasuk ketika Anda membeli harga keramik lantai kamar mandi murah sekalipun.
Jika sudah benar-bear dirasa kering, berikutnya adalah pemasangan nat keramik. Nat keramik ini sendiri, berfungsi untuk mengisi sela-sela jarak antara keramik yang ada. Namun sebelum memasang nat, sebaiknya bahan tersebut sudah dicampur dengan air.
Anda juga dapat menggunakan aplikator datar untuk mengoleskan nat, ke atas permukaan lantai, dan pastikan semua sela-sela lantai terisi penuh.
Diamkan selama 5 hingga 15 menit, berikutnya bersihkan menggunakan spons. Namun hati-hati, dalam agar spons yang digunakan, tidak mengenai nat di sela-sela lantai. 

   
Dari semua tahapan atau cara memasang keramik lantai 40x40 untuk kamar mandi, yang tidak boleh Anda lupakan adalah, mengamankan area keramik lantai kamar mandi basah dan dinding yang ada. Biarkan hingga benar-benar kering, agar kualitas lantai dan dinding kelak, jadi lebih kokoh.  


Post a Comment for "8 Tips / Cara Memasang Keramik Lantai 40x40, Untuk Kamar Mandi yang Mudah dan Dapat Anda Lakukan"